Awalnya ane rada kaget membaca respon Kang Iwan, yang panjang lebar untukr
untuk pertanyaan yang cukup singkat di milist ini....!!

Tapi ane jadi maklum,....... ternyata surat ini merupakan jawaban terhadap
postingan-2 lain yang ada di forum diskusi di sahabatsilat.com

Ane mau ikutan comment mengenai "harga"  suatu ilmu....!!

Secara pribadi ane berpendapat bahwa suatu ilmu itu tidak ada standarnya
harganya, mahal atau murah itu relatif, kalau ilmunya mumpuni dan muridnya
mampu dan mau untuk bayar,  berapapun harganya tidak ada yang mahal....!!

Tapi kalau muridnya tidak mampu tapi mau belajar seharusnya juga diberikan
kesempatan untuk belajar...!!

Sebagai perbandingan dengan oleh raga dari negara lain. Anak saya belajar Wushu
dengan mendatangkan pelatih dari Cina. Setiap bulan saya harus harus membayar
Rp1 jt per bulan per anak... ditambah biaya-2 lain spt biaya tiket, visa,
working permit dsb yang juga ditanggung bersama.

Kalau muridnya ada 20 orang,...bisa dihitung berapa yang diterima
perbulannya...!!

Dan kalau ane ingin anak ane belajar ke sumbernya di Cina, biaya yang akan
dikeluarkan akan jauh lebih besar dari ini.

Akan tetapi, untuk kelas regulernya dengan pelatih orang Indonesia cuma
Rp75,000 per bulan untuk latihan 2 x seminggu.

Tetap semangat untuk FP2ST.

Cheers

To: [EMAIL PROTECTED]: [EMAIL PROTECTED]: Wed, 1 Aug 2007 08:56:00
+0700Subject: Re: [silatindonesia] Jawaban Cingkrik Palugada

waduh ada yang galak niiih....seyeeem euy....ati2? nanti kang iwan ilmu
palugada nya keluar semua niih....ini baru sebagian ilmu palugadanya yang
keluar.....apalagi semuanya .....waduh bisa2 bukan kaca bis lagi yang pecah
tapi bisnya terbang dan ambruk....Salam Kedamaian, Hidup pelestarian silat.Agus
SuprayogiAt 31-07-2007 10:14 -0700, you wrote:>Saya Iwan,Salam,>Saya Iwan, saya
salah satu murid Cingkrik Goning,juga koordinator . Ada >beberapa hal yang
harus dicatat dan diperhatikan.>1. Bahwa Cingkrik adalah bela diri serumpun
yang jelas akarnya dan >rata-rata ada kesamaan Teknik, Pola Langkah, Jurus dan
Penamaan.>2. Bahwa Cingkrik dengan kejelasan itu, segala yang terdapat di
Cingkrik >akan dapat diketahui dari tatanan gerak.>3. Cingkrik ada kaitan
dengan silat Banten dimana senjata yang dipelajari >hanya golok atau pisau
itupun sebagai lawan bukan pegangan>4. Dalam silat yang dipelajari di silat
Betawi tidak akan terlihat >penggunaan senjata semacam keris….., arit bukan
clurit (?)>5. Rokhimin yang dimaksud memang ada, namun bukanlah dari Cingkrik,
karena >beliau adalah orang dari silat betawi yang juga mempelajari Cimandean,
>maenan tangan, maenan Tasik. Sehingga daerah Kebon Jeruk tidak terkenal
>sebagai tempat suatu aliran.>6. Penamaan Palu Gada yang tercetus karena
melihat kok ada yang ngaku >Cingkrik dari luar tapi tak ada satupun teknik
Cingkrik ada…? Penamaan >dari Cingkrik Goning, Rawa Belong, Sinan dan lainnya
akan terlihat ada >yang sama, baik nama, jurus langkah ataupun lainnya….namun
ada kebingungan >dari Cingkrik di sana, dimana tak ada satupun penamaan jurus
yang sama. >Lalu apa yang pantas untuk itu kalo bukan Palu Gada (apa lu mau gue
ada? >Sampe arit, keris, toya dibawa-bawa…). Mas Bayu sampeyan akan bingung
>dengan ini apalagi kami yang belajar juga menjaganya….kami jauh lebih >bingung
daripada anda. Tak ada dalam sejarah Cingkrik berantem pake >arit….oke andai
itu kreasi, tapi sudah tahukah sampeyan bahwa kami disini >menjaga keaslian
silat. Jika ada orang yang sudah mencampur suatu aliran >maka kiranya orang
tersebut jangan menggunakan sesuatu yang masih asli. >Silahkan pakai nama silat
kreasi...itu sah kok. Coba Tanya istilah beset, >tepuk nyamuk, tepuk rame ada
gak disana…? Lok Be?>Tolong jelaskan apa kalo benar Cingkrik…kami disini sudah
banyak tanya ke >beberapa pendekar silat yang keilmuannya sudah diakui dunia
persilatan >mengenai silat anda….dan semua akur menjawab…tak bisa “Cingkrik”
sana >dinamakan Cingkrik broer!!>7. Kalo masalah biaya…kami disini juga tak
mempermasalahkan, siapa bilang >kami jual ilmu mahal…tidak!!! Niatan anda
sebetulnya mencari silaturahmi >atau apa? Tahukah sampeyan kami bosan dengan
janji-janji dari tahun >lalu…..kalau betul ingin belajar ke sini silahkan
datang….dari oktober >janji trus ke desember trus mei, trus juli….sekarang
bilang mahal….tahu >gak kami buat angka segitu supaya tahu kami apakah punya
niatan baik atau >cuma pengen test doang….kamipun sudah bilang ke pak Eddie
Nalapraya >tentang hal-hal seperti ini….ternyata sudah mau mundur sebelum
ketemu…. >.eh hari gini yang katanya dari Eropa mau belajar silat ke Indonesia
minta >tarif Rp. 500.000, perkelompok sekali latihan….? Coba bayangin kalo satu
>kelompok 10 orang, berarti Cuma Rp. 50.000 perorang….bayangkan betapa >silat
kita “hanya” dihargai gocap…silahkan anda Tanya ke Aikido kalo >belajar di
Jepang….Gimana kami bisa menghargai anda? Penghargaan anda ke >kami hanya
sebatas tawar-menawar kayak barang obral….apa>itu anggapan anda kepada Silat
hah?! tahukah anda tarif anda belajar >privat di Padepokan untuk satu sesi?
Tanya pak Oong Maryono atau bang >Edward. Jika anda punya niatan baik datang ke
kami dan keberatan dengan >biaya itu kami tak mempermasalahkan…berapa anda
punya karena di Cingkrik >bayaran belajar adalah keikhlasan. Tapi karena anda
terlalu banyak >janji…..ternyata kosong….alias gentong!!! Lagi pula kami
mengirimkan surat >dengan resmi, andaikan anda beradab maka surat keberatan
anda dengan resmi >pula bukan dengan umbar ke sana ke mari, saya yakin anda
orang yang >mengerti, beradab dan berbudaya. Kenapa hal kecil begini dianggap
>masalah….kalau kami memberi kuasa pada seseorang untuk menangani hal >tersebut
karena kami mengerti masalah hukum.>8. Selain itu yang berhak menentukan
penamaan adalah sumber asli, jika >anda juga merasa berhak menggunakan silahkan
aja ….asal tau aja gak ada >dalam sejarah Cingkrik seperti yang anda pelajari….
….>9. Yang gentong itu siapa….mat Codet itu siapa? Maaf ..Saya baru sarasehan
>dengan Pak Eddie Nalapraya mengenai silat, silahkan kalau anda merasa >punya
ilmu padi datang kesini dan kita akan lihat betul Cingkrik atau >bukan….disini
Putra Betawi akan menjadi wasit mengenai bener gaknya itu >Cingkrik….di forum
ini semua bertanggungjawab, jadi tak mungkin kami lari >dari hal itu…..jadi gak
ada tuh istilah ondel-ondel forum…karena banyak >dari luar merasa menjadi
bagian dari suatu aliran padahal bukan, seperti >kasus Cikalong Cempaka Putih,
Pukulan Kweetang, dll yang sebenarnya tak >ada kaitan sama sekali….. coba anda
bicara didepan PERSILAT mengenai >aliran anda…saya akan angkat ini di hadapan
president PERSILAT kalau anda >mau…saya berani karena kami sudah punya bukti
otentik, apakah anda berani >seperti saya? Apakah PERSILAT harus
turun…memperjelas “Cingkrik” anda yang >wallahu alam bisawab
keotentikannya…atau yang ngarang-ngarang itu Cingkrik >siapa?>10. Saya merasa
senang orang sana mau gabung, tapi yang kami sesalkan >adalah persoalan seperti
ini….saya sudah banyak tanya ke para pendekar >dari berbagai aliran mengenai
silat yang berkembang di luar negeri…saya >bukan ondel-ondel forum, anda cuma
murid yang belajar sementara kami >adalah murid yang harus menjaga keaslian
tradisi dari suatu >budaya….silahkan anda bandingkan. Kalo silat cuma buat maen
>jago-jagoan….saya akan pilih olah raga menembak…anda ngaku polisi tapi >coba
tanya ke guru anda, betulkah itu Cingkrik? Alurnya dari mana…? >Selidiki..dong!
Kalo bukan, kenapa baru mau belajar mengharuskan / >mensyaratkan kami masih
mempergunakan materi yang sebenarnya tak ada di >aliran Cingkrik….apa takut
ketahuan bukan nya? Tanya juga masalah >keabsahan Cingkrik anda pada
PERSILAT...anda pakai salam PERSILAT tapi >alirannya apa? Saya disini
jelas....tanya ke induk organisasi anda deh!>11. Saya gak masalah si Mat Codet
gak gabung di FPPST, toh orang macam >anda gak terlalu dibutuhkan dalam
pelestarian jika pandangannya seperti itu>12. Silahkan anda berguru pada
siapapun aliran apapun….tapi kami yang >disini (bangsa Indonesia) berhak
menyelidiki apakah anda pernah belajar di >aliran kami dan berniat meneruskan
atau cuma cari status biar dibenarkan >keberadaannya….>13. Jujur dibalas jujur,
curang dicurangi, kebaikan dibalas kebaikan…>14. Ente jual ane beli….ente
kurang ajar ane juga bisa…>terima kasih buat mas Bayu, silaturahmi akan erat
jika ada kejujuran >diantara kita semua....salam takzim buat semua>buat bung
Cingkrik, Deprok saya salut dengan anda begitu juga kang Office >Boy, saya juga
pernah diajak silaturahmi ke bang Nunung oleh Bang Nani >dari Gerak Saka,
sampai hari ini belum kesampaian...moga lain waktu kita >bisa diskusi dan
ketemu...saya akan senang jika ada waktu anda main ke >kami pada tiap hari
jumat malam di gedung Hydro...saya ingin semua >keaslian Cingkrik tetap
terjaga....itu saja>buat Ki Sawung, mungkin penjelasan ini bisa membuat agak
lega...>uda Parewa, sesama urang awak kita cuma bisa ngingatkan jangan sampe
>sesama urang awak bekelai....kita ni perantau ya ndak? ini cuma urusan
>kecil...yang jadi gede karena karena yang ngomong bukan yang hak....jadi
>nyaring kayak ember digebuk...>mas Elang, ndak usah khawatir....masalah ini
ndak bikin aku naek pitam kok>mas Eko, ente ngerjain ane ngejanteng bareng pak
Eddie ama pak Hayono >Isman ampe sore di sarasehan....istri pertama ane
cemberut ngurusin "bini" >yang kedua ini...ntar ane bales!!!>meneer Oong,
sabaraha sih tarif buat orang luar latihan? Masak Guru urang >ngan dihargaan
sarua jeung harga 2 kaos oblong sakali latihan...kumaha >urang rek
mikeun?>(eee...geuning geus peuting, hapunten kasadayana, mangga atuh akang
cuang >tutup lawang sigotaka.......jeng jeng jeng...cag ah
)>one>>bayupriyambodo ><<mailto:no_reply%40yahoogroups.com>[EMAIL PROTECTED]>
wrote:>ah jangan2 saya yg lupa perkenalkan diri saya>>baiklah saya perkenalkan
diri dulu :)>>nama saya Bayu Priyambodo, saya sekarang tinggal di Paris dlm
rangka>mencari pengalaman.>>saya hanya seorang pecinta silat tradisional biasa,
cuma pernah dulu>kenal dan belajar sedikit beberapa silat tradisional.Itupun ga
pernh>lama di satu aliran, karena saya dulu hidupnya pindah2.>>Karena saya
sekarang sedang belajar sama Pak Masfar,cingkrik Belanda.>saya jadi tertarik
ketika ada postingan yg menyatakan bahwa Palugada>serumpun dgn cingkrik pak
masfar,saya cuma sedang mencari link dan>sejarah yg mungkin hilang di cingkrik
pak Masfar . saya bicara atas>nama pribadi.>>saya pikir mungkin bener ada,
karena saya di luar negeri ga tau apa2.>namun setelah melihat beberapa
postingan, saya jadi merasa seakan2>Palugada ini fiktif. Saya hanya
bingung,>>tetapi saya aga bingung setelah mengetahui hal ini fiktif. Tetapi
ada>orangnya yg mengaku dari Palugada di forum ini bernama Bapak Yusuf>ibnu
Sanusi. bagaimana sebenarnya kebenaran akan hal ini ?>>buat yang mengetahui
akan hal ini saya minta tolong saya diberi>penjelasan baik melalui milis
ataupun melalui email saya di><mailto:bayupriyambodo%40yahoo.com>[EMAIL
PROTECTED]>>salam alaikum saudara dan sesepuh sekalian>>Bayu Priyambodo>>--- In
><mailto:silatindonesia%40yahoogroups.com>silatindonesia@yahoogroups.com,
>bayupriyambodo <[EMAIL PROTECTED]>>wrote:> >> > salam> >> > gan Iwan, mas Iwan
siapa ya pak Beps? maaf saya kurang kenal,> >> > sebenarnya kalo saya di
Indonesia ingin sekali kenal dan silaturahmi> > dgn anggota forum sebagai
sesama pecinta silat. Walau saya ga bisa> > silat, karena saya juga punya
kecintaan thdp silat2 tradisional.> >> > boleh saya tahu ymnya gan Iwan disini
pak Beps. atau mungkin sesepuh> > disini ada yang tahu?> >> > kalau tidak,
tolong sampaikan saja salam dari saya, Bayu ,> > saya tinggal di Paris untuk
saat ini.> >> > mas Iwan bisa kontak saya di [EMAIL PROTECTED]> >> >> > matur
nuwun> > hatur nuhun> >> > salam alaikum> >> > Bayu Priyambodo> >> >> > --- In
"Beps" <beps@> wrote:> > >> > > Tanya deh ke japrinya gan Iwan> > >> > >> > >
----- Original Message -----> > > From: "bayupriyambodo" >