2008/10/16 Adi Nugroho <[EMAIL PROTECTED]>:

> Berarti anda kena shaping di ISP sebesar sekian Kbps tersebut.
> Kalau mas mistylook nanya bagaimana kita tahu kalau kita kena shaping, sudah
> terjawab ;)

yang saya maksudkan, link LAN saya (sampai ke router atau gateway)
menggunakan 100 Mbps, sedangkan dari gw ke ISP itu cuma 512 Kbps
(karena memang membeli bandwidth segitu)

Saya ingin tahu, ada ngga tools untuk mencek apakah bw kita yang
sekian kbps itu kena shaping lagi atau tidak? kalau misalnya test
download, saya rasa kurang tepat, walaupun kita test dari gw nya
langsung