On 10/31/2005 at 9:50 AM risiyanto budi wrote:
>Ada email dari dosen saya yang sedang belajar di jepang, mungkin
>rekan-rekan di sini turut memberi masukan.

Salah satu bahan presentasi:
http://www.psn.co.id/oss

Saran:

1. Atur agar isi presentasi merupakan solusi menarik bagi berbagai kebutuhan
audiens.
Contoh:
# banyak tools/software yang berguna bagi mahasiswa yang tersedia secara
cuma-cuma, berkat gerakan open-source. dimana alternatif komersilnya bisa
berharga ribuan sampai ratusan ribu dolar.
# selain itu, jika tools tsb belum memenuhi kebutuhan mahasiswa ybs, maka bisa
disesuaikan - karena source code nya tersedia.
# jangan ketik disertasi di microsoft word, jika tidak ingin ratusan halaman
disertasi tiba-tiba lenyap tanpa sebab :)
(sepertinya microsoft word di-desain utk dokumen singkat / tidak mencapai
ratusan halaman)
# dst

2. Sambungkan antara masalah Indonesia dengan biaya lisensi software
proprietary, spt: ketika banyak rakyat Indonesia berjuang mati-matian untuk
sekedar makan, apakah etis jika kita justru mengajarkan murid-murid kita untuk
"menyumbang" ke orang terkaya di dunia ? dst.

3. dll - silahkan jika rekan2 lainnya ingin menambahkan.

Salam,
Harry

Kirim email ke