2005/11/21, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]>:
> Kalau di Indonesia, ketika kita kumpul2  ...
> kebanyakan yang datang *MINTA DISUAPI*.
> Mereka datang kemudian bertanya, "saya dapat apa?"
> Dalam pertemuan BHTV pun saya mendeteksi aura ini.
> Kalau nggak dapet apa-apa (dalam jangka dekat),
> ngapain saya ikutan ini.
> Padahal dalam pertemuan seperti inilah timbulnya
> ide, bisnis, sparks, etc.

Jadi BHTV dibangun di atas orang2 ini?

> Are you sure? he he he.
> Contohnya manusianya yang dibikin dulu itu gimana?

SDM yang gimana? bukannya pak Budi yang bilang bahwa Silicon Valley
itu culture? Dan Culture itu tentang manusia kan? Apa Silicon Valley
itu adalah tentang culture Big Company? So apa pentingnya mengharapkan
Big Company datang kalau Silicon valley itu bukan tentang Big Company.

Liat video lucu steve ballmer yang yang teriak2 "developer ..
developer .. " ? Liat gimana steve jobs memuji developernya abis
setiap keynote? baca google gak, claim mereka punya the best human
resource? Heboh berita engineer dari sun banyak pindah ke Google.
Berapa orang Carlos (gue percaya Carlos good engineer :) ) bisa kita
dapet di Indonesia?  Kalau pak Budi bilang ada banyak, saya kira pak
Budi terlalu banyak bikin asumsi dibelakangnya. Atau berharap import
engineer dari luar negri?

> Kalau yang di depan mata adalah short term bikin
> accounting software semua, saya yakin bakalan tetap
> seperti itu seumur hidup. he he he.

why not? kalau kita punya "the best accounting software on planet"
kenapa tidak? Kalau itu yang kita bisa, kenapa bukan itu yang kita
lakukan? Itu yang realistis.

Pak Budi bikin product dong (atau jangan2 udah ada??), jangan
consulting aja. Biar kerasa susahnya cari SDM di Indonesia. Pengalaman
develope product bisa jadi masukan bagus untuk BHTV mungkin.

Anyway, saya tetap mendukung usaha pak Budi untuk bikin BHTV. Mimpi
itu bagus, tapi jangan mimpi terus, get real sekali2.

Keep fighting untuk BHTV nya.

--
Pakcik
Under Construction