2005/11/21, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]>:

> [...]
>
> Terus terang ... saya juga masih mencari yang jitu.
> Hanya jelas, kalau kita kompetisi dengan India dalam membuat
> generic applications (kayak accounting, dsb.) kita bakalan
> kalah.
>
> Yang sudah terbayang oleh saya (sampai saat ini):
>
> - komponen dari aplikasi, *bukan* aplikasinya sendiri.
>   alasan: kita nggak pernah bisa bikin produk.
>   (biar bagaimanapun saya masih salut dengan IPTN karena
>   mereka bisa bikin produk sampai jadi)
>   Jadi, kita hanya mengerjakan bagian dari produk yang
>   mungkin produknya  buatan India, Amerika, dll.

apa beda komponen aplikasi dan aplikasi dari sisi Sumber Daya
Manusianya? dan siapa yang ngerjain ini? bukan apa yang kita punya?
yang developer software accounting itu?

> - customization.
>   Orang Indonesia hobbynya ngoprek.
>   Contoh: mobil apapun bisa jalan di Indonesia meskipun
>   sudah tidak diproduksi lagi di LN :)
>   Tapi... suruh bikin mobil gak jadi-jadi.
>   Customization ini satu pekerjaan sendiri yang berat lho.
>   Salah satu produk/servis perusahaannya Rusmin (Skysoft?
>   di California) adalah internationalization (kalau gak
>   salah). Itu pun udah cukup besar.

internationalisation paling gede itu ke bahasa Jepang dan bahasa
China. siapa yang bakalan ngerjakan ini??

> - Hal-hal yang terkait dengan arts.
>   Orang Indonesia biasanya lebih kreatif dan punya sense
>   of art yang tinggi. (Hanya sayangnya takut komputer
>   he he he.)

in baru ide cool banget. Silicon Valley spesialis ART. :) funny

> - Research.
>   (Atau itu kata bagusnya dari: ngoprek!)

ngoprek?? ada riset gak di Indonesia?  Silicon Valley spesialis oprek??

> Nah kalau dilihat dari daftar di atas ... gak ada produk ya?
> Memang saya menghindari produk. He he he ...

semua ide kerjaannya sangat baru. :) mungkin ini yang disebut ide baru.

--
Pakcik
Under Construction

Kirim email ke