> btw, kebanyakan operator seluler di sini masih mendatangkan vendor dari
> luar untuk banyak porsi yang sebenarnya bisa diselesaikan sendiri.
> barangkali karena belum 'sadar' kalau bisa. ada bbrp yang sudah bisa
> develope sendiri sih, dan ada juga yang sudah dioutsource ke perusahaan
> lokal (sukurlah). tapi nafas bule minded-nya masih kental.

Bukan hanya operator selular,termasuk bahkan untuk human resource
management di ....,yang hasil risetnya adalah "kembangkan potensi
melalu kompetensi lokal" hihihi....

Saya kemaren dapat kiriman job opportunity dari temen saya yang dia
dapat dari milis "alumni-UUNET" kalau salah satu vendor seluler(?) di
Indonesia butuh management contractor untuk salah satu
projeknya.Headhunternya: British executive expats :)

Nah,disinilah salah satu pentingnya BHTV untuk menunjukkan harga diri
engineer Indonesia kalau kita  "can do the job".Tapi tentu
saja,profesionalisme juga harus ditingkatkan supaya kita lebih credible
baik didalam dan diluar (meskupun secara teknis mampu).