Kalo menurut pengalaman saya. Dalam sebuah perusahaan yang sudah mapan (dalam hal ini tidak outsourcing tentunya) malah designer yang sering "berhadapan" dengan klien. Sehingga tuntutan dari klien cukup banyak. Kesannya malah programmer jadi seperti bekerja di "balik layar".
Benar sekali rasanya dua dunia ini memang butuh sebuah jembatan yang bagus. Sekedar pandangan dari saya, sebenarnya bisa kita lihat dengan adanya CMS dan Template (theme) (dalam dunia web). Sebuah CMS membantu pekerjaan designer dan template membantu pekerjaaan programmer. Apakah dalam bidang lain ada kolaborasi seperti ini?

Pada tanggal 1/18/06, boy avianto <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

On 18/01/06, muhamad carlos patriawan <[EMAIL PROTECTED] > wrote:

> Sip.... bagus nich buat kolaborasi developer dan designer :)

Sorry kalo rants,

Sebagai orang UX (User Experience) yang mau tidak mau harus minimal
mastering both world saya melihat bahwa ada gap yang cukup dalam
antara developer dan desainer terutama dalam 'membagi' pekerjaan.
Entah karena para developer merasa 'mengerti' desain atau para
desainer yang malas memahami 'programming', yang jelas ada kesan
saling 'gengsi' sehingga yang ada bukannya kolaborasi melainkan
berantem antar 'agama'.

Tugas saya sebagai jembatan antara dua dunia ini sebenarnya menantang,
tapi maaf untuk kondisi di Indonesia ternyata memang 'desain' itu
masih jadi nomor sekian di dunia 'teknologi' yang sarat dengan
jargon-jargon teknis.

Intinya... saya melihat banyak sekali programmer/developer yang 'sok
tahu' masalah desain dan bersikap arogan terhadap 'karya'nya sehingga
pada saat diberi masukan soal UI dijawab dengan nada melecehkan...
Ntah bagaimana di luar Indonesia.

--
<avianto /> - http://avianto.com/

--