muhamad carlos patriawan wrote:

> harusnya lebih definitip lagi ya Ron , itu dulu :-)  .... thanks atas
> koreksinya anyway kalo sekrg dah ada.
>
> Tapi pointnya disini, semua dial up lines dan banwidth dimiliki PTT. PT
> X cuman renting dial up portsnya saja.
>
> Carlos

Ralatnya kudu diralat nich..

setelah diskusi offline ini (mungkin) belum ada di indonesia.

cara kerjanya gini: Network access server dan bandwidth dimiliki
PTT,sementara radius dan server2 lainnya dimiliki isp A dan B.

waktu user dial up, begitu masuk ke NAS, akan distart l2tp client
darisitu (sebagai LAC) dan akan diterminate di router nethop sebagai
LNS.Nah ISP A dan ISP B di-differentiate entarh dari usernamenya atau
dari dialin numbernya (via radius attribute)
jadi [EMAIL PROTECTED] masuk ke radius isp a dan [EMAIL PROTECTED] masuk ke
[EMAIL PROTECTED] b.

Soalnya kalau sudah bisa begini,semua ISP di Indonesia tidak perlu lagi
punya NOC,cukup "leasing" atau outsource ke telkom, jadi boleh dibilang
seluruh perusahaan punya infrastruktur sama seperti telkom dari sabang
merauke karena yang dipinjem "dial up ports" dan bandwidthnya.

sekali lagi ACW.

carlos

Kirim email ke