m .c. ptrwn wrote:
> Kalau buat saya sich tiap orang yg sekolah atau bekerja harus sesuai
> bidang, minat dan talentnya, jadi harus selalu "feel thrilled" dan
> "feel excited" tiap kali mau sekolah atau kerja , sehingga punya
> motivasi tinggi. Kalau punya motivasi tinggi halangan setinggi apapun
> bisa dibantai , eh di lewati.

Tul banget, cuman seringkali orang baru lulus SMA itu sebenernya
bingung mau milih jurusan apa, akhirnya dipilih aja jurusan yang
paling "bergengsi" atau yang nilai passmarknya paling tinggi.
Jujur deh, buat banyak orang, sebenernya mereka seringkali nggak tau
apa bidang, minat, dan talentanya mereka. Nggak crystal clear pas lulus
SMA, bakal menghabiskan sisa waktu hidup untuk berkarir di jurusan xyz,
makanya ada beberapa yang pindah jurusan di tengah jalan kan. Bahkan
yang udah lumayan professional pun akhirnya banting setir. Larry Wall
dulu dia kan trainingnya jadi linguist (kuliahnya kalo nggak salah
sampe
8 taon), tapi skr banting setir jadi programmer.
Saya sendiri orangnya bosenan, dulu tertarik dengan informatika,
sekarang
mulai tertarik dengan biotechnology/molecular biology.

Ronald

Kirim email ke