On 2/20/06, m.c. ptrwn <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ini agak berbeda dengan cara di SV. Kalau disini,  misalnya cari
> developer untuk network software , hatus ada keyword "C" dan "embedded"
> di resumenya.

Ya jelas beda dong. Kalau di Indonesia, yang ada keyword "embedded"
mungkin 1 diantara 3000 pelamar. he he he.
Dan yang 1 ini sudah ditawari kerja di perusahaan asing. hi hi hi.

Dulu saya pernah membimbing  mahasiswa membuat Java Processor.
Hasilnya tidak begitu bagus karena banyak sekali kendalanya.
Tapi ... begitu tahu ada orang yang coba2 buat Java Processor *plus*
kenal formal methods, langsung tawaran S2 dan S3 mengalir ke dia.
Padahal anaknya sih biasa-biasa saja.
Juga ada sekolah hebat di Inggris yang menawarkan S3 buat dia,
tapi saya sarankan jangan diambil karena bakalan susah lulusnya
(kebetulan profesor yang menawarkan itu termasuk top dunia).
he he he. Bakalan stress dia. Akhirnya dia pilih S2 ke sebuah
university di Eropa.

Di Amerika memang beda. Saya pernah jalan-jalan dengan pak Armein
ke acara Brassring(?), tempat rekrutmen. Waktu itu ada satu gedung
besar (mungkin sekelas Jakarta Convention Center) yang isinya
booth2 perusahaan lengkap dengan daftar lowongan kerjanya.
Mulai dari nVidia, Atmel, ... wah pokoknya banyak banget.
Setiap dekat ke booth, ditawari pekerjaan.
Lah memang mereka semua melakukan rekrutmen.
Begitu tahu saya bisa IC Design, langsung kartu nama berdatangan.
Beringas banget. he he he :D
Saya bilang, saya lecturer, nggak cari kerjaan.
Mereka tanya, kapan mahasiswanya lulus? He he he.
Jadi saya paham yang dimaksud oleh Carlos.
Waktu itu saya mampir ke Intel (di Santa Clara) dan Palm.
(Sebelumnya ke Fujitsu / FLA.)
Di sana juga ditawari kerjaan.

Nah ... problem yang dihadapi oleh saya sebagai perusahaan TKI
waktu itu adalah, kesulitan mencari SDM Indonesia yang kompeten.

Ambil contoh baru-baru ini.
Intel Penang membuka lowongan untuk 200 orang IC Designer.
Dari Indonesia yang melamar? 0 orang!
Saya kesulitan cari orang yang bisa dikirim ke sana.
Memang yang tahu synopsys, mentor graphics, dan sejenisnya tidak
banyak. sigh ...

Bingung gak tuh?

-- budi