On 5/4/2006 at 12:04 PM Budi Rahardjo wrote:

>Persis seperti itu! Sederhana saja.
>Kata kuncinya: "update tiap hari" :)
>Itu yang nggak ada :(

Salah satu proyek saya memerlukan hal seperti ini juga, input data setiap hari.

Triknya, saya menggunakan jasa penjaga warnet.
Karena koneksi Internetnya terjamin lancar (iya lah) dan ybs senang karena jadi
ada tambahan income dengan kerja yang cukup minim.

Tapi ya itu, memang ada overhead hariannya. Jadi ada resikonya, kalau gagal, ya
uang yang sudah keluar untuk overhead tadi tidak kembali.

Nah untuk pedesaan, mungkin yang paling bisa direalisasikan adalah akses
informasi via SMS.
Mungkin satu desa cukup perlu 1 HP, lalu kalau bisa bekerjasama dengan RRI
(promosi layanan, izin pemakaian informasi/data mereka), maka tiba2 jadi bisa
mencakup seluruh Indonesia.

Pengembangannya bisa bermacam-macam. Contoh: nama pasar dengan harga komoditas
yang tertinggi di dekat desa tsb, dst.

Kalau ini terealisasi, para tengkulak bisa pada nangis darah euy.

Salam,
Harry

Kirim email ke