-----Original Message-----
From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] Behalf Of Dana Pamilih
Sent: Tuesday, October 18, 2005 7:13 PM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: [wanita-muslimah] Re: Want to marry RI woman? Pay Rp 500m in
deposit

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya terima penjelasan sampeyan Mas Ayeye. Tapi ada perbedaan
maqesut antara saya dan sampeyan.

> 1) Menurut saya, deposit sebesar 500 jt itu jangan langsung
ditolak, tapi dikaji dengan jernih besarnya dan siapa yang
diwajibkan. Di awal diskusi saya sudah menyebut bahwa 500 jt itu
terlalu besar dan tidak rasional, maka kalau kewajiban deposit
diterima besarnya harus ditentukan yang TERUKUR, artinya yang tidak
merugikan siapa pun. Kemudian, deposit itu pun harus dikenakan bagi
mereka WNA yang mengawini WNI di Indonesia.

DP: Tidak ada praktek dimanapun bahwa perlu deposit kalau mau menikah.
Kalau mahar kan diberikan kpd di pengantin perempuan, bukan
didepositokan utk kas negara.

Bagi saya konyol sekali.  Apakah kita ingin membuktikan bahwa
perempuan Indonesia itu bisa dijual?  Atau apakah perempuan Indonesia
itu terlalu bodoh utk menilai calon suaminya?  Apakah perkawinan itu
spt tindakan kriminal sehingga harus ada 'bail'?

> 3)Kerugian oleh Birokrasi dan Hukum RI
> Mas Ayeye, kerugian oleh birokrat dan hukum itu tidak hanya dialami
oleh perempuan karena perkawinan campur. Perempuan di Indonesia ini
banyak menderita kerugian oleh birokrat dan hukum untuk banyak hal.
Dan, bahkan bukan hanya perempuan, laki-laki pun demikian. Namun,
kita tidak boleh/pantang menyerah terhadap keadaan ini. Anak bangsa
harus dididik agar bangkit kesadaran dirinya sehingga bisa menjunjung
tinggi martabat individu, masyarakat dan bangsanya.

> Jadi, saya tidak menutup mata terhadap pelbagai kenagatifan di
negeri ini. Kita tentu tahu bahwa mutu DPR kami, kabinet kami, dan
jajaran pelaksana hukum di negeri ini masih sangat menyedihkan. Tapi,
hal ini tidak boleh membuat surut langkah kita untuk menghasilkan UU
perlindungan perempuan yang benar-benar bisa melindungi perempuan
dari berbagai hal yang negatif.

> Saya paham bahwa perilaku pemerintah sangat mengecewakan dalam hal
perkawinan campuran. Perlu diketahui, perilaku yang mengecewakan itu
tidak hanya terjadi pada perkawinan campuran, tapi terhadap banyak
hal. Dan, inilah yang membuat prihatin banyak orang di negeri ini.

> Let's struggle for the welfare of woman in this country. :-)

DP: Bukankah lebih mudah memberikan kesetaraan status bagi siapapun?
Atau kesempatan utk dual citizenship?  Dengan kesetaraan status pasti
akan lebih tidak bermasalah.

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/aYWolB/TM