Termasuk contohnya model-model bajinkan berdasi itu kan, Mbak Lina. Sudah
dengar berita ini, belum?

----- Original Message -----
From: "Ben Abel" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, March 09, 2006 4:32 AM
Subject: [dayak] Menteri minta Tommy Soeharto BEBAS!!!!!

orde baru menunggumu:
1. soeharto jadi pahlawan, seluruh rakyat mengutuk ybs, malah segala
kejahatan-politik ybs tidak tersentuh oleh hukum apapun milik Republik
Indonesia, bahkan gerak-aksi anti-korupsi pun tak berkutik; seakan buta
tak sanggup memandang soeharto yg dimata golkar ternyata pahlawan paling
bersinar.
2. yk bersama golkar memanggil kita, mari menyambut gembira, wahai ironi
keadilan. sby ngapain aja lo?
3. orang indonesia disuruh pusing perkara pornoaksi, sementara bbm,
listrik, harga, terus melambung tinggi, kekayaan bangsa terus diberi
kepada bangsa asing, dulu penjajahan kita musuhi, sekarang penjajahan
adalah tuhan dan teman kita bergelut. ini pornoaksi.
4. semakin golkar merasa menang, sekarang menteri dari kubu golkar makin
memperlihatkan bahwa golkar memanglah siluman semangat bangsa yg telah
dimurtadkan, seorang koruptor, pembunuh, penjahat kelas kakap seperti
tommy soeharto mendapat perhatian menteri hukum dan hak azasi manusia.
5. maka penjarahan atas nasib bangsa indonesia adalah ditangani bagi
seluruh rakyat indonesia ..... kudengar indonesia raya .... semakin
menjadi indonesia nista .... dimana rakyat sudah jadi rayap, dimana
semangat telah menjelata .... pada tembok2 reklame: Kami bangga indonesia,
dengan ini menyatakan, sekali mereka tetap mereka!

WARTA BERITA RADIO NEDERLAND WERELDOMROEP
Edisi: Bahasa Indonesia

* HAMID AWALUDIN HARUS JELASKAN USULAN PEMBEBASAN TOMMY SOEHARTO

Perkara pemberian remisi kepada Tommy Soeharto berubah menjadi masalah
nasional, setelah menteri hukum dan HAM, Hamid Awaludin mengusulkan untuk
membebaskan narapidana paling beken di Indonesia ini, mulai Agustus 2006.
Menurut Mohammad Arfiandi Fauzan, sekjen PBHI, menyatakan seakan ada
perlakuan khusus yang diberikan kepada Tommy karena sang menteri sendiri
yang mengajukan remisi tersebut. Sekarang tugas Komisi III DPR
mempertanyakan langkah Menteri Hamid Awaludin. Ikuti keterangannya kepada
Radio Nederland:

Mohammad Arfiandi Fauzan [MAF]: Saya kira begini, ada memang perlakuan
khusus kepada seorang narapidana yang menjalani hukuman. Tapi
sepengetahuan saya semestinya dia harus menjalani dua pertiga dahulu, dari
masa tahanannya. Nah seingat saya, Tommy kan dikenakan hukuman lebih dari
10 tahun. Bahkan kalau tidak salah 14 tahun. Jadi juga saya mempertanyakan
kenapa bisa begitu. Karena remisi itu bisa diberikan kalau sudah masa
tahanan lebih dari setengah atau dua pertiga begitu.

Radio Nederland [RN]: Menurut data-data, Agustus 2006 nanti Tommy akan
menjalani 2/3 dari masa hukumannya. Baru saat itu dia sebenarnya berhak
mengajukan usulan pelepasan atau pembebasan ini, sebenarnya?

MAF: Ya betul, betul. Artinya memang harus dipertanyakan kenapa? Apalagi
kan ini yang seolah-olah bernafsu adalah menteri hukum dan HAM, Hamid
Awaludin. Semestinya kita harus mempertanyakan ini benar, bahwa ada apa?
Karena sepengetahuan kita memang kan Tommy sekarang berada di dalam
tahanan. Dan di dalam tahanan itu kan memang di bawah pengawasan
departemen hukum dan HAM. Tetapi yang harus diingat, hak untuk meminta
remisi itu bukan disuarakan oleh seorang menteri. Tetapi disuarakan oleh
yang bersangkutan langsung, dengan meminta permohonan kepada departemen
kehakiman dan baru kemudian ditanggapi.

Dan kalaulah memang itu ingin dikabulkan harus ada alasan-alasan yang
logis, sebagaimana disebutkan misalnya antara lain berkelakukan baik.
Artinya saya ingin mengatakan, menteri seharusnya tidak ambil bagian dalam
menyuarakan hal ini. Walaupun meski kemudian dia memberikan pertimbangan.
Karena kita tahu peradilan di Indonesia sudah satu atap di bawah Mahkamah
Agung. Untuk urusan remisi itu bukan lagi menteri kehakiman, tapi di
Mahkamah Agung.

Ada pengistimewaan di dalam menjalani proses itu yang diberikan kepada
Tommy Soeharto. Itu yang harus kita persoalkan.

RN: Pengaruh Tommy atau pengaruh Cendana itu masih dibilang sangat kuat di
Indonesia ...

MAF: Wah iya sangat kuat begitu. Bisa anda bayangkan sampai hari ini
negara ini sudah mengeluarkan sebuah ketetapan MPR yang harus memeriksa
korupsi-korupsi yang dilakukan oleh Soeharto dan keluarganya. Termasuk
kroni-kroninya. Tetapi ternyata itu tidak berjalan.

RN: Sekarang banyak juga yang mendesak agar Hamid Awaludin ini diperiksa ...

MAF: Seharusnya mitra kerja departemen kehakiman, dalam hal itu Komisi III
DPR memanggil Hamid Awaludin. Dengan inisiatif seolah-olah Hamid Awaludin
mengatas-namakan kepentingan Tommy. Kan jelas sekali, seharusnya remisi
itu belum disuarakan tetapi buru-buru sudah disuarakan hari ini. saya kira
sudah selayaknya Komisi III DPR memanggil yang bersangkutan. Dan jika
memang ditemukan ada hal-hal yang aneh dibalik ini, ya tidak menutup
kemungkinan, kenapa tidak diambil sebuah langkah hukum. Atau mengambil
langkah politik dengan merekomendasikan kepada presiden untuk meninjau
kembali status yang bersangkutan.

RN: Kenapa Pak Hamid Awaludin bisa sampai berani mengajukan hal ini?

MAF: Yah latar belakang politik mungkin yah. Kenapa hanya bagi seorang
Tommy, yang bersangkutan berani mengambil peran sedemikian jauh. Sedangkan
bagi terpidana-terpidana lainnya misalnya, dia tidak pernah memperhatikan
hal ini. Kenapa harus membela kepentingan Tommy Soeharto dalam pengajuan
remisinya. Bahkan seolah-olah menjadi corong atau bahkan terkesan sudah
menjadi penasihat hukum Tommy begitu.

RN: Hamid Awaludin ini dianggap kubunya Jusuf Kalla ya pak?

MAF: Betul. Dan kita tahu bahwa dia adalah orang Golkar. Apa yang tidak
bisa dilakukan oleh Golkar. Memberi penghargaan kepada mantan Presiden
Soeharto yang sama sekali tidak tersentuh oleh hukum dan seolah-olah ingin
mendesain bahwa yang bersangkutan berjasa. Padahal banyak kepentingan
orang untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi hampir selama 32 tahun.
Golkar berani. Apalagi hanya sekadar untuk isu remisi dan memainkan Hamid
Awaludin begitu.

Demikian sekjen PBHI, Mohammad Arfiandi Fauzan.

Radio Nederland Wereldomroep, Postbus 222, 1200 JG Hilversum
http://www.ranesi.nl/
http://www.rnw.nl/

Keterangan lebih lanjut mengenai siaran radio kami dapat Anda
peroleh melalui
[EMAIL PROTECTED]

Copyright Radio Nederland Wereldomroep.