Komentar nih mas rudyanto...

Biar yang nulis pake nama perempuan kok style nya sangat laki--laki
yach ??

Hmm lagi lagi mengklaim data tanpa ada bukti...  Mbak Ida data dari
mana bisa bilang bahwa wanita lebih banyak dari pada pria?? tolong
berikan sumbernya...  manaa?? datanya harus bicara.. bicara...  (jadi
inget iklan di teve..) :p

Kalo boleh saya bantu nih.. (nggak boleh pun tetep saya bantu kok).

Menurut IDHS 2002-2003 (Indonesia Demographic Health Survey) proporsi
pria dan wanita di Indonesia adalah 49,91% untuk pria dan 50,09%
untuk wanita.  Bedanya cuma 0.2%.

Mari kita coba iseng-iseng berhitung demografi sedikit:

Kalau jumlah penduduk Indonesia sekitar 220 juta, artinya Indonesia,
jumlah wanita 410.350 lebih banyak  dibandingkan pria (total dalam
semua kelompok umur termasuk anak-anak dan wanita usia lanjut).
jumlah yang sangat tidak signifikan menurut saya (dalam kacamata
demografi).

Dan kalau kita mengambil perbedaan proporsi antara pria dan wanita
dalam usia reproduktif (20-49 tahun) bedanya memang menjadi  lebih
besar, yaitu: 2,8%, atau sekitar 2,7 juta.

Kalau kita asumsikan bahwa proporsi penduduk muslim di Indonesia
sekitar 80%, menurut survei itu berarti jumlah penduduk pria muslim
dalam kelompok usia yang sama (20-49) sekitar 38,1 juta (80% x 43,4%
(proporsi pria dalam kelompok umur tersebut) x 49,9% x 220 juta).
Masalahnya adalah: apakah wanita yang 2,7 juta itu mau dibuat
poligami oleh 38,1 juta lelaki muslim tadi? jumlah gak seimbang
antara suplay dan demand.. :D

Belum lagi dalam beberapa kelompok umur tertentu, jumlah penduduk
pria lebih besar daripada wanita, misalnya kelompok umur 40 - 44 dan
50 - 54 tahun (pada kelompok terakhir bedanya hingga 2,4 juta)

Akhirnya hanya akan tersisa 300 ribu orang perempuan, jika ke 2,7
juta kita pasangkan pada lelaki kelompok umur diatasnya (50-54),
kalau ditambah lelaki kelompok usia 40-44 maka jumlah perempuan
tersebut dikurangi lagi sebesar 220 ribu.

Nah total jendral, beda wanita dan pria pada kelompok tadi cuman 80
ribu doang...

nah  memang ada kelompok umur yang (diatas 55 tahun) jumlah wanita
lebih banyak dibanding lelaki.  Hal ini disebabkan umur harapan hidup
wanita memang lebih tinggi dari pada laki-laki.

Apakah masuk akal mendorong poligami dengan alasan perempuan lebih
banyak dari pria dalam kondisi ini??

Wong beda jumlah perempuan dan laki-laki nggak terlalu jauh.
Ditambah pria punya kehidupan seks yang lebih panjang dari wanita
(usia 50 tahun masih suka hot, sementara wanita sudah mencapai
menopause).

Kalau alasannya masih keukeuh wanita bagaimanapun lebih banyak
daripada laki-laki, berapa banyak sih (kalau mau jujur) yang mau
mempoligami wanita diatas usia >55 tahun, yang notabene jumlahnya
lebih banyak karena sudah tidak punya pasangan, karena usia harapan
hidup pria lebih pendek dari wanita?? Umur harapan hidup (UHH) pria
menurut survei ini adalah 64 tahun sementara wanita 68 tahun
Kalau memang alasannya untuk ibadah, saya sangat mendukung niat
poligami jika tujuannya untuk mengurus janda-janda berusia diatas 55
tahun tadi..

Hayo siapa yang mau model poligami tersebut?? :D

hmm.. mikir gaya bahasa hayo ini miik siapa yah??

regards,
Donnie

sumber: Laporan survei IDHS 2002-2003 halaman 10 (komposisi penduduk
menurut gender dan kelompok umur)

PS: silahkan lho kalo mau diforward ke milisnya para pecinta
poligami, mungkin mereka akan lebih terisnpirasi oleh model poligami
yang saya usulkan.... :D

in the end: perjodohan tidak semudah pengurangan angka matematis
jumlah perempuan - lelaki = sisa banyak = poligami