Jujurnya saya suka gayanya Mba Ani ini, nyeleneh makanya dikasih
cobaan yang sepadan, coba kalau enggak nyeleneh mungkin udah semaput
dari dulu he..he..he.. Ma'af ya Mba:)

Kalau saya sendiri diposisi Mba Ani pasti juga bingung, tapi ini
sekedar saran kalau memang campur baur simbol-simbol agama bikin bete
kenapa enggak bikin tempat khusus macam mushola??

Lagi pula para jama'ah pengajian juga udah harus maklum kalau ada
simbol2 agama lain, bilang aja enggak akan ngigit itu salib;) atau
pohon natalnya enggak akan sentimen nimpakepala orang yang ngajinya
paling semangat.

Nah kalau soal anak Mba, ternyata makhluk kecil ini kalau dikasih
pengertian adalah makhluk yang paling bisa "memaklumi" dan paling bisa
"berempati". Kalau memang suami Mba Ani enggak rela nganterin anaknya
ke mesjid yaa enggak apa-apa ikut Bapa atau anak lain...asal dikasih
pengertian, bahwa Bapaknya walau enggak bisa nganterin jum'atan tapi
tetep sayang sama anaknya. Bagaimanapun bejatnya seorang Bapa, tetep
si anak butuh "konfirmasi" dari orang2 tersekatnya terutama ibunya
bahwa dia tetep makhluk sempurna yang disayang kedua orang tuanya;)

Kalau soal perasaan Mba Ani yang rada2 Bete karena "kondisi" rumah
tangga mah saya yakin Isnya Allah Mba Ani punya bibit2 "diambil
senangnya aja" ngapain dipusingin...emang kalau dipikirin bakalan
selesai atau kalau enggak dipikirin bakalan bisulan??

Jangan kan yang beda Iman, yang seiman juga perbedaan mah pasti
ada...yang penting hak dan kewajiban yang harus seimbang dan juga
perlindungan terhadap anak..untuk masalah ini enggak ada kompromi yaaa