yg bikin curious adalah :

1. kalo nia emang aborsi, dia melakukan di mana, kapan, siapa dokternya, ada
catatan medis gak ttg hal ini.  soale aborsi ini ilegal di indonesia.
termasuk untuk urusan kesehatan.

based on pak km (yg pejuang regulasi untuk aborsi) infomation's mestinya si
nia melakukan tanpa perlu tanda tangan darimanapun.  herannya kok GR gak
heran yah ???

kalo emang nia gak beneran aborsi, testimoni dari dokter yg meriksa nia
seminggu sebelumnya bisa jadi lubang kelinci supaya mereka bisa meredam
konflik yg terjadi.  medical record bisa jadi petunjuk.

2. gusti randa ini rupanya emang tipikal lelaki kolerik.  jadi nia ketakutan
gitu, berbagai dalih keluar, sampai gak jelas lagi mana yg bener dan mana yg
salah.  dan jelas bikin si lelaki kolerik ini makin menuduh dan makin
mengejar.  harusnya nia konsultasi dulu ama florence littauer (personality
plus) sebelum menghadapi suaminya.  kalo ngeliat dari tipikal nia yang
sanguin abis, ya kondisi dia kayak telur di ujung tanduk.  kasian dia bisa
ancur, dari sanguin berubah total jadi melankolik bisa bisa.

menurut aku kalo ngomong sama orang kolerik ini kudu membatasi persoalan,
area yg dibicarakan dan berbicara berbasis fakta.  plus membawa orang yg
sama kuat pribadinya, biar gak terintimidasi.

3. orang islam akhir akhir ini banyak mengambil referensi ttg masalah ruh
dan anak keturunan dari perspektif kristen fundamentalis.  kalo menurut
islam, janin sebelum 40 hari itu belum bernyawa sebenarnya.  kalo menurut
aku sih fine fine aja, jadi orang islam makin menghargai makluk hidup.

tapi tunggu dulu, kalo gak salah, kenapa pandangan kristen fundamentalis yg
memandang bahwa janin ini udah punya arwah sejak dari sperma, dikarenakan
dalam tujuan membuat jundullah sebanyak banyaknya.  kalo pun mati dalam
jihad ala imam samudra dan david m. top :P justru monggo, dan silakan saja.

kalo aku sendiri berpandangan, sebodo amat dengan segala pandangan ruh udah
dari sono ditunjuk, atau baru 40 hari.  lha wong batu juga makhluk tuhan
leee...  jadi kalo udah kandungan, ya mbok yah, di jaga dan ortu bertanggung
jawab gitu.

aborsi dalam kondisi nia, menurur saya adalah hal aneh. karena menunjukkan
tidak ada kesepahaman dan komunikasi antara gusti randa dengan nia.  jadi
kalo timbul pertanyaan ttg ini kan tubuh saya ,,,  ini dimulai dari posisi
dan hubungan suami istri antara nia dengan gusti.

kalo setting awal emang dibikin gak setara, inilah akibatnya.