On 5/17/06, Chae <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mau tidak mau kenyataanya memang masyrakat arab seringkali dijadikan
> barometer pemahaman terhadap ajaran Islam. Bahkan seringkali apa yang
> masyarakat arab lakukan merupakan bentuk pemahaman mereka terhadap
> ajaran Islam terutama merujuk kepada sumber hukum dalam Islam yaitu
> Qur'an dan hadis. Misal mengenai kawin mut'ah ini kan ada
> legalisasinya didalam Qs.4:24. Karena itu apa yang dilakukan oleh
> orang2 arab di puncak bagi mereka yang melakukan atau masyarakat arab
> pada umumnya tidak termasuk prilaku yang menyimpang.

Rujukan soal Kawin Mut'ah di mananya ya? Atau saya yang gak ngerti bacanya?
Maklum orang awam.. :-) Saya kutip dari Qur-an Digital ver 2.1.

*Versi 2.1*

*Freeware (c) Hak cipta hanya milik Allah swt.

Jumadil Akhir 1425
(Agustus 2004)*

Website http://www.alquran-digital.com

4. An Nisaa'
JUZ 5

24. dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali
budak-budak yang kamu miliki*[282]* (Allah telah menetapkan hukum itu)
sebagai ketetapan-Nya atas kamu. Dan dihalalkan bagi kamu selain yang
demikian*[283]* (yaitu) mencari isteri-isteri dengan hartamu untuk dikawini
bukan untuk berzina. Maka isteri-isteri yang telah kamu nikmati (campuri) di
antara mereka, berikanlah kepada mereka maharnya (dengan sempurna), sebagai
suatu kewajiban; dan tiadalah mengapa bagi kamu terhadap sesuatu yang kamu
telah saling merelakannya, sesudah menentukan mahar itu*[284]*. Sesungguhnya
Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

[282]. Maksudnya: budak-budak yang dimiliki yang suaminya tidak ikut
tertawan bersama-samanya.

[283]. Ialah: selain dari macam-macam wanita yang tersebut dalam surat An
Nisaa' ayat 23 <s004a023.htm> dan 24 <s004a024.htm>.

[284]. Ialah: menambah, mengurangi atau tidak membayar sama sekali maskawin
yang telah ditetapkan.