First frontier dari penyelidikan penyakit baru adalah rute penularan.
Semua rute yang mungkin akan selalu mendapat perhatian untuk
dibuktikan apakah merupakan rute penularan yang efektif, kurang
efektif, tidak efektif atau tidak merupakan rute penularan sama
sekali.

Sampai saat ini rute penularan HIV yang efektif sudah ditetapkan, yaitu:
Melalui transfusi darah, pemakaian jarum suntik bersama, tato,
hubungan seks tidak aman, penularan dari ibu ke anak selama kehamilan,
persalinan dan menyusui (jadi ASI adalah rute yang efektif).  Air mata
dan ludah sudah terbukti bukan jalur penularan yang efektif.  Ada yang
bilang (saya gak tahu kebenarannya) perlu menelan ludah 2 liter agar
kita bisa tertular HIV.  Akan tetapi kalau kita punya lesi/luka
dimulut, lebih baik tidak melakukan frech kiss apalagi BJ  dengan
orang HIV + :p

Seandainya ada mutasi (semua mikroorganisme punya peluang untuk
bermutasi), setahu saya belum pernah yang menyebabkan perubahan rute
penularan.  Mutasi biasanya terkait dengan keganasan atau resistensi
obat.

Secara umum penularan penyakit sangat spesifik, seperti pak Ton
bilang, HIV itu penularan sama dengan hepatitis B maupun C.  dan
hepatitis B sudah muncul jauh sebelum HIV.  Kalau ada HIV diangankan
bisa menular melalui nyamuk, sudah jauh-jauh hari sebelumnya Hepatitis
B dan C menjadi pandemi dunia sebelum HIV, dan sama mematikannya
dengan HIV (sama2 belum ada obatnya).

regards,
Donnie

<*> Your email settings: