Ada sebagian orang yg memang menjadikan buku buat 'gaya'. Bukan cuma
sekedar 'aksesoris' atau pajangan di rumah dlm bentuk rak buku, tapi
juga buat 'gaya' di depan publik thd pengetahuannya mengenai 'buku2
berat' yg sudah dia baca. Padahal menurut gw, komik kung-fu boy,
asterix, tanguy & laverdue, dll juga bacaan yg berat, hehehehe. Ada
satu adegan yg wokeh banget di pelem good will hunting yg mungkin
tepat sekali menggambarkan orang2 pintar yg jago bergaya dng
kepintarannya ini. Padahal, yg mereka jadikan bahan buat gaya adalah
pemikiran orang.

Tapi ini gejala normal. Kalau kita lagi nulis paper, baca semua buku2
dan menyusun argumentasi... kadang2 kita hiper kesenengan dng apa yg
kita tulis, padahal semuanya hasil (rangkuman) pemikiran orang atau
kalaupun ada yg namanya kontribusi kita, setidaknya kontribusi kita
sebenarnya gak banyak disitu. Bisa jadi, hanya karena kita mampu
menyusun secara sistemis apa yg sebenarnya sudah banyak dibicarakan
orang. Saya gak percaya dng vincentliong yg percaya dng 'karya atau
pemikiran orisinil'. Apa sih orisinil? Buat saya, jangan2 itu cuma
sebongkah kesombongan diri sendiri aja yg merasa pintar :)

Eniwei, balik ke laptop (nyontek mbak Rita :P)
Seringkali, yg kita tulis susah2 dan perasaan hiper kesenengan karena
akhirnya nih otak ngerti juga apa yg ditulis di buku2 dan jurnal2 :P,
jadi berbalik melempem setelah ketemu dosen, yg dng santainya narik
garis lurus dari atas ke bawah, pertanda dia berkata 'yg elu tulis itu
gak guna!' atau cuma komentar sederhana, bab 2 ini dibuang aja
deh...:-) Nasibnya pun berubah jadi kertas pembungkus tempe yg dipakai
abang2 jual tempe di pasar :))

Yg penting itu, we are what we read. Percuma baca buku banyak2,
berat2, kalo itu gak membekas dan mempengaruhi karakter kita. Banyak
orang 'ndablek' yg punya latar belakang pendidikan yg wokeh lho.
Mungkin nilainya di sekulah bagus2 juga. Gak kaya saya yg lulusnya
pas2an :)) Tapi ya itu, mental dan cara berpikirnya ndablek. I call
them: the modern idiots :)

Soal koleksi buku, ngapain cuma dipajang di rak. Mending dikasih ke
orang yg mau baca. Apalagi buku SD gitu lho... Iya sih, mungkin aja
ada 'ikatan emosional' dng buku. Tapi kan kita emang harus mengatasi
segala 'ikatan emosional' yg berlebihan kan? Lha, Rasul bilang kalau
mau ngasih ke orang lebih baik barang yg paling kita senangi, hehe..
Kalo komik, itu lain hal.. soalnya, komik kan lucu. Jarang ada buku yg
bisa bikin ketawa. Kebanyakan sih bikin pusing, apalagi buku politik.
Gue bilang ke seorang dosen politik, kalo buku2 politik dijadikan
buku2 guide ke kota tertentu, turis2 pasti pada tersesat, hehehe...
kalo gw sekulah di jaman Belanda dulu, udah disetrap di pojok kelas
karena sering menghina2 kali ye? :)

Tapi pak, saya juga lagi berencana mau bikin perpustakaan. Rencananya
sih tahun depan mulai nyicil rumah. Kecil aja, 2 kamar. 1 buat buku
dan ruang kerja. Emang settingannya buat single :). Apalagi kalau
akhirnya dapet kerja impian buat seorang pemalas kaya saya. Kerjaan yg
bisa dikerjain di rumah :)) Jakarta sekarang makin macet. Panas.
Berdebu. Sementara teknologi makin maju. Kita barter aja gimana, saya
kasih bapak buku, bapak kasih saya kerjaan, hahahaha...

salam dari pengangguran terselubung,
herni

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "siahaan2006"

Kirim email ke