  From: Ismail Widadi
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Tuesday, January 06, 2009 9:09 AM
  Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Peta Palestina [Sebelum dan Sesudah
Dicaplok Israel]

  Sebenarnya sih, terserah mau perang agama atau perang kapling atau perang
saudara, yang penting bangsa kita nggak usah ikut2an deh. Simpadan, Ligitan dan
Ambalat kita dicaplok Malaysia, kita toh nggak ada yang belain.
  Lebih baik, bangsa kita menata diri dengan ketidakpastian harga2 di tanah
air. Bagaimana mau ibadah lancar (bagaimana mau shodaqoh dsb), kalau kadang
uang belanja cukup, kadang tidak cukup.
  Isu Timur Tengah memang lumayan sebagai isu mengalihkan perhatian. Dan yang
pertama kali kencang menanggapi isu ini adalah PSSI, dimana PSSI langsung
mengirimkan 20 pemain ke Timur Tengah (Oman) untuk berlatih. Ya, rajin berlatih
dan menghamburkan uang rakyat, hasilnya......terus mengecewakan.
  Kepedulian bangsa kita juga diprovokasi untuk atas dasar kemanusiaan
menyumbangkan apa saja untuk bangsa Palestina (yang infonya pun hanya kita
dapat dari media asing), dengan cepat pula kita melupakan tragedi pembagian
zakat di probolinggo dan kota2 lainnya.
  Bangsa kita yang ternyata kaya (230.000 jamaah haji), tersihir sibuk mencari
waktu afdhol melempar jumrah, dan ritual ibadah haji lainnya yang konon mencari
yang paling persis dengan amalan Rasul. Jamaah haji ini pula menurut orang
Arab, yang paling khusyuk dalam berbelanja mencari oleh-oleh (kopiah, sajadah,
tasbih, karpet dan barang2 lainnya yang sebenarnya cukup banyak di Tanah Abang).
  Lalu ?....kebanyakan kita gampang sekali tertipu.....