tapi bagi bigot hal ini ndak tampak di mata mereka. gaza jauh lebih
sexy daripada mikirin masalah dalam negri, takiya, sampai-sampai ada
yang mau setor badan ke sana?

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Sunny" <am...@...> wrote:

> Kalau diadakan pertandingan kekejaman, mungkin sekali TNI juara
nomor wahid. Bukan itu malah petinggi-petinggi kayaraya, prajurit
pulang kampung kantong bolong.

Oom.....
> [...]
>   > merupakan risiko
>   >
>   > > yang harus dihadapi. Dalam perang dunia kedua, korban sipil
itu
>   >
>   > juga sangat
>   >
>   > > besar terutama di Eropa dan Hiroshima serta Nagasaki. Juga
dalam
>   >
>   > konflik
>   >
>   > > tingkat lokal seperti Ambon, Poso, Aceh, Timor Timur.
Apalagi
>   >
>   > dalam perang
>   >
>   > > gerilya ketika tentara dapat juga menyamar dengan
menggunakan
> [...]
>   > > yang menyamar.
>   >
>   > > So, collateral damage dalam perang modern merupakan bagian
dari
>   >
>   > risiko,
>   >
>   > > meskipun juga harus ditekan seminimal mungkin. Tetapi siapa
yang
>   >
>   > menetapkan
>   >
>   > > batas minimal? Dan kalau terjadi, siapa yang harus dikutuk?
menghindari
> [...]

>   >
>   > bahwa
>   >
>   > > > dalam perang kota seperti yang terjadi di Gaza, collateral
>   >
>   > damage pada
>   >
>   > > > penduduk sipil tidak dapat dihindari, kecuali kalau
seluruh
>   >
>   > penduduk
>   >
>   > > > sipil disuruh mengungsi dulu. Cara lain adalah, tentara
Hamas
>   >
>   > mencegat
>   >
>   > > > tentara Israel di padang terbuka di luar kota. Itu kalau
mau
>   >
>   > > > menghindari collateral damage semaksimal mungkin.
>   >
>   > > > KM
>   >
>   > > >