Mas Dwi, ini saya menyempatkan diri mampir di WM.

Kata "nabi" jelas merupakan kosa kata bahasa Semitis. Makanya, tak disebutkan
ada nabi di luar bangsa Semitis. Dan, menyangkut "kitab suci", maka hal inilah
yang pernah diributkan di milis WM ini, apakah KS seperti Alquran itu absolut
firman Tuhan ataukah paduan firman Allah dan sabda Nabi Muhammad. Waktu itu,
saya tidak mau turut campur agar tidak membingungkan teman-teman WM. Yang saya
tegaskan waktu itu adalah pengertian "wahyu" yang senantiasa diturunkan oleh
Allah kepada hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya.

Jadi, mengingat wahyu itu diturunkan sesuai dengan bahasa dan adat/budaya kaum
yang mendapatkan wahyu itu --see Q. 14:4-- maka seolah-olah para rasul/nabi itu
tidak diturunkan di bangsa-bangsa selain yang di TIMTENG. Ditegaskan dalam Q
bahwa sebagian rasul itu diceritakan dan sebagian lainnya tidak diceritakan di
dalam Q [4:164 dan 40:78].

Mengapa banyak rasul/nabi yang tidak dikisahkan di dalam Alquran? Karena,
setiap nabi itu punya misi yang sama yaitu menciptakan masyarakat tauhid. Wujud
pentauhidan itulah yang berbeda-beda. Nah, yang diceritakan dalam Quran, ya
tentunya yang bisa dipahami oleh masyarakat pertama yang menerima wahyu itu.
Dalam hal ini, masyarakat pertama yang menerima Alquran adalah bangsa Arab!
Dus, penampilan ritual di depan patung, jelas memiliki pengertian yang
berbeda-beda sesuai dengan pemahaman suatu bangsa terhadap tauhidnya. Artinya,
pemujaan di depan patung yang dilakukan oleh suatu bangsa belum tentu sama
pengertiannya dengan yang dilakukan oleh bangsa lain!

Dengan menyebarnya agama Islam ke luar dari Jazirah Arabia, diperlukan kearifan
yang luar biasa dalam memahami bangsa-bangsa lain.

Sekarang saya berikan contoh konkrit tentang syirik yang dilakukan oleh
pemerintah KSA. Dua puluh juta riyal atau sama dengan 60 miliar rupiah
dihabiskan untuk membuat kain penutup Ka'bah setiap tahunnya. Kalau bukan
perbuatan syirik, mengapa mereka harus mengeluarkan dana sebesar itu? Bukankah
kain hitam biasa sudah cukup untuk menggantinya pada setiap tahun? Bukankah
elit-elit Qureisy lebih mementingkan dana untuk pemujaan daripada memperhatikan
nasib manusia yang kelaparan, miskin, tertindas dalam perbudakan, dan lain
sebagainya, sehingga 360 patung itu harus dibersihkan oleh Kanjeng Nabi
Muhammad dari lingkungan Ka'bah?

Lalu, perhatikan Kejawen yang membuat ritual dengan membungkus pohon besar
dengan kain mori agar pohon tidak ditebang atau dirusak. Lingkungan selamat
dengan cara seperti itu! Oleh karena itu, tidak diperlukan nabi-nabi untuk
mengingatkan akhlak dan moral mereka. Bacalah kembali kitab hukum dan
undang-undang Majapahit Manawa Kutara Dharma Sastra yang membuat para lelaki
tidak akan berani melecehkan kaum perempuan meskipun perempuan itu tidak
menutup buah dadanya. Tak ada laki-laki yang berani jawal-jawil apalagi
memperkosanya!

Wassalam,
chodjim