wah, hiya, saya rancu dulu diceritain sama pak HNW kalau kota thaif itu
hijau, banyak pohon dan ada benteng peninggalan romawi.  keingatnya kok
lantas jadi kota kristen.  hehehe :))

berikut ini tentang Thaif.

http://sahabatnabi.0catch.com/thaif.htm

*Perjalanan ke Thaif*

Bukhari meriwayatkan dari Urwah, bahwa Aisyah ra. isteri Nabi SAW bertanya
kepada Nabi SAW katanya: 'Adakah hari lain yang engkau rasakan lebih berat
dari hari di perang Uhud?' tanya Aisyah ra. 'Ya, memang banyak perkara berat
yang aku tanggung dari kaummu itu, dan yang paling berat ialah apa yang aku
temui di hari Aqabah dulu itu. Aku meminta perlindungan diriku kepada putera
Abdi Yalel bin Abdi Kilai, tetapi malangnya dia tidak merestui permohonanku!
'Aku pun pergi dari situ, sedang hatiku sangat sedih, dan mukaku muram
sekali, aku terus berjalan dan berjalan, dan aku tidak sadar melainkan
sesudah aku sampai di Qarnis-Tsa'alib. Aku pun mengangkat kepalaku,
tiba-tiba aku terlihat sekumpulan awan yang telah meneduhkanku, aku lihat
lagi, maka aku lihat Malaikat jibril alaihis-salam berada di situ, dia
menyeruku: 'Hai Muhammad! Sesungguhnya Allah telah mendengar apa yang
dikatakan kaummu tadi, dan apa yang dijawabnya pula. Sekarang Allah telah
mengutus kepadamu bersamaku Malaikat yang bertugas menjaga bukit-bukit ini,
maka perintahkanlah dia apa yang engkau hendak dan jika engkau ingin dia
menghimpitkan kedua-dua bukit Abu Qubais dan Ahmar ini ke atas mereka,
niscaya dia akan melakukannya!' Dan bersamaan itu pula Malaikat penjaga
bukit-bukit itu menyeru namaku, lalu memberi salam kepadaku, katanya: 'Hai
Muhammad!' Malaikat itu lalu mengatakan kepadaku apa yang dikatakan oleh
Malaikat Jibril AS tadi. 'Berilah aku perintahmu, jika engkau hendak aku
menghimpitkan kedua bukit ini pun niscaya aku akan lakukan!' 'Jangan...
jangan! Bahkan aku berharap Allah akan mengeluarkan dari tulang sulbi mereka
keturunan yang akan menyembah Allah semata, tidak disekutukanNya dengan apa
pun... !', demikian jawab Nabi SAW.

Musa bin Uqbah menyebut di dalam kitab 'Al-Maghazi' dari Ibnu Syihab
katanya, bahwa Rasulullah SAW apabila pamannya, Abu Thalib, meninggal dia
keluar menuju ke Tha'if dengan harapan agar penduduknya akan melindunginya
di sana. Maka beliau menemui tiga pemuka Tsaqif, dan mereka itu bersaudara,
yaitu: Abdi Yalel, Khubaib dan Mas'ud dari Bani Amru. Beliau menawarkan
mereka untuk melindunginya serta mengadukan halnya dan apa yang dibuat oleh
kaumnya terhadap dirinya sesudah kematian Abu Thalib itu, namun bukan saja
mereka menolakbeliau, tetapi mereka menghalaunya dan memperlakukan apa yang
tidak sewajarnya.
(Fathul Bari 6:198 - dari sumber Ibnu Ishak, Shahjh Bukhari 1:458, dan
berita ini dikeluarkan juga oleh Muslim dan Nasa'i).

Abu Nu'aim memberitakan dengan lebih lengkapl dari Urwah bin Az-Zubair ra.
katanya: Apabila Abu Thalib meninggal, maka semakin bertambahlah penyiksaan
kaum Quraisy ke atas Nabi SAW Maka beliau berangkat ke Tha'if untuk menemui
suku kaum Tsaqif dengan harapan penuh, bahwa mereka akan dapat melindunginya
dan mempertahankannya. Beliau menemui tiga orang dari pemuka suku kaum
Tsaqif, dan mereka itu pula adalah bersaudara, yaitu: Abdi Yalel, Kbubaib
dan Mas'ud, semua mereka putera-putera dari Amru, lalu beliau menawarkan
dirinya untuk diberikan perlindungan, di samping beliau mengadukan perbuatan
jahat kaum Quraisy terhadap dirinya, dan apa yang ditimpakan ke atas
pengikut-pengikutnya. Maka berkata salah seorang dari mereka: Aku hendak
mencuri kelambu Ka'bah, jika memang benar Allah mengutusmu sesuatu seperti
yang engkau katakan tadi?! Yang lain pula berkata: Demi Allah, aku tidak
dapat berkatakata kepadamu, walau satu kalimah sesudah pertemuan ini, sebab
jika engkau benar seorang Utusan Allah, niscaya engkau menjadi orang yang
tinggi kedudukannya dan besar pangkatnya, tentu tidak boleh aku berbicara
lagi kepadamu?! Dan yang terakhir pula berkata: Apakah Allah sampai begitu
lemah untuk mengutus orang selain engkau? Semua kata-kata pemuka Tsaqif
kepada RasuluUah SAW itu tersebar dengan cepat sekali kepada suku kaumnya,
lalu mereka pun berkumpul mengejek-ngejek beliau dengan kata-kata itu.

Kemudian ketika beliau hendak pergi meninggalkan Tha'if itu, mereka berbaris
di tengah jalannya dua barisan, mereka mengambil batu, lalu melempar beliau,
setiap beliau melangkahkan kakinya batu-batu itu mengenai semua tubuh beliau
sehingga luka-luka berdarah, dan sambil mereka melempar, mereka mengejek dan
mencaci. Setelah bebas dari perbuatan suku kaum Tsaqif itu, beliau terlihat
sebuah perkebunan anggur yang subur di situ. Beliau berhenti di salah satu
pepohonannya untuk beristirahat dan membersihkan darah yang mengalir dari
kaki dan tubuhnya yang lain, sedang hatinya sungguh pilu dan menyesal atas
perlakuan kaum Tha'if itu.

Tidak lama kemudian terlihatlah Utbah bin Rabi'ah dan Syaibah bin Rabi'ah
yang baru sampai di situ. Beliau enggan datang menemui mereka, disebabkan
permusuhan mereka terhadap Allah dan RasulNya dan penentangan mereka
terhadap agama yang diutus Allah kepadanya. Tetapi Utbah dan Syaibah telah
menyuruh hamba mereka yang bemama Addas untuk datang kepada beliau membawa
sedikit anggur untuknya, dan Addas ini adalah seorang yang beragama kristen
dari negeri Niniva (kota lama dari Iraq). Apabila Addas datang membawa
sedikit anggur untuk beliau, maka beliau pun memakannya, dan sebelum itu
membaca 'Bismillah!' Mendengar itu Addas keheranan, kerana tidak pernah
mendengar orang membaca seperti itu sebelumnya.

'Siapa namamu?' tanya Nabi SAW 'Addas!' 'Dari mana engkau?' tanya beliau
lagi. 'Dari negeri Niniva!' jawab Addas. 'Oh, dari kota Nabi yang saleh,
Yunus bin Matta!' Mendengar jawaban Nabi itu, Addas menjadi lebih heran dari
mana orang ini tahu tentang Nabi Yunus bin Matta? Dia tidak sabar lagi
hendak tahu, sementara tuannya Utbah dan Syaibah melihat saja kelakuan
hambanya yang terlihat begitu mesra dengan Nabi SAW itu. 'Dari mana engkau
tahu tentang Yunus bin Matta?!' Addas keheranan. 'Dia seorang Nabi yang
diutus Allah membawa agama kepada kaumnya,' jawab beliau. Beliau lalu
menceritakan apa yang diketahuinya tentang Nabi Yunus AS itu, dan sudah
menjadi tabiat beliau, beliau tidak pernah memperkecilkan siapa pun yang
diutus Allah untuk membawa perutusannya. Mendengar semua keterangan dari
Rasulullah SAW Addas semakin kuat mempercayai bahwa orang yang berkata-kata
dengannya ini adalah seorang Nabi yang diutus Allah. Lalu dia pun
menundukkan kepalanya kepada beliau sambil mencium kedua tapak kaki beliau
yang penuh dengan darah itu.

Melihat kelakuan Addas yang terakhir ini, Utbah dan Syaibah semakin heran
apa yang dibuat sang hamba itu. Apabila kembali Addas kepada mereka, mereka
lalu bertanya: 'Addas! Mari ke mari!' panggil mereka. Addas datang kepada
tuannya menunggu jika ada perintah yang akan disuruhnya. 'Apa yang engkau
lakukan kepada orang itu tadi?' 'Tidak ada apa-apa!' jawab Addas. 'Kami
lihat engkau menundukkan kepalamu kepadanya, lalu engkau menciurn kedua
belah kakinya, padahal kami belum pemah melihatmu berbuat seperti itu kepada
orang lain?!' Addas mendiamkan diri saja, tidak menjawab. 'Kenapa diam? Coba
beritahu kami, kami ingin tahu?' pinta Utbah dan Syaibah. 'Orang itu adalah
orang yang baik, dia menceritakan kepadaku tentang seorang Utusan Allah atau
Nabi yang diutus kepada kaum kami, 'jawab Addas. 'Siapa namanya Nabi itu?'
'Yunus bin Matta' jawab Addas lagi. 'Lalu?' 'Dia katakan, dia juga Nabi yang
diutus!'Addas berkata jujur. 'Dia Nabi?!' Utbah dan Syaibah tertawa
terbahak-bahak, sedang Addas mendiamkan diri melihatkan sikap orang yang
mengingkari kebenaran Allah. 'Eh, engkau bukankah kristen?' 'Benar,'jawab
Addas. 'Tetaplah saja dalam kristenmu itu! Jangan tertipu oleh perkataan
orang itu!' Utbah dan Syaibah mengingatkan Addas. 'Dia itu seorang penipu,
tahu tidak?!' Addas terus mendiamkan dirinya . Sesudah itu, Rasuluilah SAW
kembali ke Makkah dengan hati yang kecewa sekali.
(Dala'ilun-Nubuwah, hal. 103)

salam,
Ari

2010/2/3 Ary Setijadi Prihatmanto <ary.setij...@gmail.com>

> Tha'if bukan kota kristen, tapi kota pagan dengan idol-nya Lat yang
> mitosnya
> sebagai anak perempuannya Allah.
> Lha idolnya di-blasphemy, gimana gak marah..
>
> problemnya kan mereka marah sampe berperilaku keji...
>
> Rasulullah tidak pernah mencontohkan untuk membalas model begitu
>
> ;-)

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: