memang tidak ada di qur'an yang menyebutkan bahwa wanita diciptakan dari tulang
rusuk adam, kalau di hadits memang ada. Dan nabi Muhammad sendiri dalam suatu
riwayat memberikan metafora, kiasan / majazi bahwa wanita itu ibarat tulang
rusuk yang bengkok kalau diluruskan akan patah kalau dibiarkan akan bengkok
terus. Ayat Qur'an (qs 4:1) yang menyebutkan bahwa Allah menciptaka kamu dari
dari seorang diri dan dari padanya Allah menciptakan istrinya dan dari pada
keduanya Allah memperkembangbiakkan laki2 dan perempuan yang banyak menimbulkan
dua interpretasi pada ulama' klasik :

yang pertama menurut jumhur mufassirin ialah dari bagian tubuh (tulang rusuk)
adam as berdasarkan hadits riwayat bukhari dan muslim.

yang kedua adapula yang menafsirkan dari padanya ialah dari unsur yang sama
yaitu tanah yang daripadanya adam diciptakan. Kata "adam" sendiri dalam bahasa
ibrani adalah tanah.

Wassalam
Abdul Mu'iz