Hello Gank,

On  Sun, 6 Jan 2002 at 17:52:10 GMT +0700 (which was 06/01/2002 17:52)
"Abas F Soeriawidjaja"=[AFS] wrote to [EMAIL PROTECTED] :

> Saya ingin mengutip Pidato Kenegaraan Bapak Industri Korea Selatan Park
> Chung-hee pada tahun 1973, katanya : "Sejahterakanlah dirimu dan keluargamu
> dan tentu negaramu akan sejahtera " .
> Ucapannya ini sangat sederhana dan yang mengagumkan adalah keteguhan
> sikapnya untuk mewujudkan kata-katanya yang sedrhana itu, beberapa kali
> beliau sebagai presiden mengalami percobaan pembunuhan dari lawan
> politiknya.

Setelah baca ini, saya jadi berpikir ulang soal otonomi daerah.
Dg  otonomi  daerah,  maka  skala  prioritas  menjadi lebih tajam, krn
daerahlah  yg  lebih  tahu  apa  yg  mereka  butuhkan,  apa yg menjadi
prioritas di daerah itu.

Memang  sih,  krn  ketidak siapan SDM maka ada ekses spt yg disebutkan
Pak  Irawan  Poerwo,  tp  saya  yakin  itu  hanya akan sementara, pada
saatnya  masyarakat  daerah  akan  melihat  ketidak  beresan  itu  dan
memperbaikinya.

Tidak  spt  di  Jakarta,  di daerah orang saling kenal satu dg lainnya
secara  lebih  akrab, jika seseorang berbuat aib, maka bukan hanya dia
sendiri mendapatkan nama buruk, juga keluarganya (bahkan s/d neneknya)
juga  karibnya shg keluarga dan teman-2x nya akan ikut menjaga agar si
polan bisa menjaga kelakukan.

Memang  potensi  setiap  daerah  berbeda-beda, ada yg kaya akan sumber
daya   alam,   ada   yg   miskin  SDA.  Daerah  yg  miskin  SDA  bisa
memprioritaskan  untuk  mengembangkan Sumber Daya Manusia, shg bisa di
"export"  ke  daerah  lain yg kaya Sumber Daya Alam akan tetapi miskin
Sumber  Daya  Alam (mencontoh Singapore, yg miskin Sumber Daya Alam tp
kaya akan SDM).

--
Salam,
- Syafril -

Old Ekek Never Die, They Just Regenerates!
YON-1 ITB <RET> A-7911664
#...Moderator and Fellow [EMAIL PROTECTED] List Member...#

Thought of The Day :
***Pendidikan  yg  sebetulnya adalah menarik yg terbaik dari diri Anda
sendiri (Mohandas Gandhi).