On Fri, 15 Nov 2002 14:07:44 +0700 Akhmad Bukhari Saleh (ABS) wrote:

> Ada kemungkinan kemampuan TNI untuk melokalisir lokasi konsentrasi
> GAM, atau bahkan kemampuan "menggiring" GAM menuju daerah rawa-rawa
> yang tipis pendudukanya yang merupakan killing ground ideal itu,
> adalah berkat pengadaan peralatan intelijen canggih (canggih untuk
> ukuran TNI) yang dibeli lewat pengadaan Tahun Anggaran 2002.
> Sehingga mungkin dengan peralatan itu, bisa dipantau komunikasi tilpon
> satelit,  bahkan juga di "intervensi" sehingga memunculkan
> disinformasi. Karena kita tahu, di samping juga komunikasi radio, GAM
> juga banyak memakai tilpon satelit untuk berkomunikasi.

Saya bisa mengkonfirmasi soal banyaknya orang GAM menggunakan telephone
satelitte, krn mrk (GAM) banyak menggunakan produk yg dijual oleh
customer saya yg kebetulan bisnisnya soal yg satu itu dan daya
jangkaunya Asia dan Australia. GAM mrpkan salah satu customer mrk yg
utama, dan umumnya berlangganan model pra-bayar (heran dpt duit darimana
ya, mahalkan).

S/d 2 bulan yl (terakhir saya masih berkunjung ke customer saya),
TNI belum membeli 'peralatan canggih' itu, baru lihat-2x doank (sdh bbr
kali) kata teman yg kerja disitu :-)

> Sehingga, nggak usah pakai peralatan mutakhir bikinan Amerika (atau
> Yahudi Israel, yang dengan penuh rasa minder selalu dimitoskan bisa
> bikin segala rupa yang hi-tech, ha ha ha!!!), cukup pakai peralatan
> "canggih" buatan PAU Elektronika ITB, dapatlah TNI dengan leluasa
> memanfaatkan keadaan lack of communication security pada GAM itu,
> untuk menyadap, meng-intervensi, dan men-disinformasi komunikasi antar
> komandan-komandan GAM, sehingga mereka bisa tergiring masuk rawa-rawa
> Cot Tireng.

Saya lupa tanya yg developt s/w utk detection itu dilakukan oleh In
house development dari customer saya atau bukan, tp yg jelas s/w utk
deteksi gerakan itu di develop di dalam negeri oleh anak bangsa bukan
s/w bikinan luar.

Syafril Hermansyah<[EMAIL PROTECTED]>

Moderators     : <mailto:yonsatu-moderators@;mahawarman.net>