Bung Priyo PS wrote :
>Bagaimana rasanya melihat tubuh2 yang terbakar , matang , berserakan
dan
dikeluarkan dari Bus yang terbakar . Seharian , yang ada cuma rasa
sesak,

mual , sedih , kesal dan prihatin .<

Yang lebih menyedihkan lagi........

Judul Berita Harian Tempo, hari ini : PEMERINTAH PERKETAT UJI LAIK JALAN
KENDARAAN.

> Pemerinta melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat mengeluarkan
Surat Edaran Nomor AJ 501/1/17/DRJD 2003 tertanggal 9 Oktober mengenai
peningkatan kewaspadaan dan penanggulangan kecelakaan lalu lintas di
jalan raya.<

Lho ? Kenapa sih, Pemerintah dan para Pejabat kita di Negeri ini selalu
bertindak pura2 tidak tahu ??? Itu kan cuma surat yang nilanya
hanya...SAMPAH !!

Masalah kir kendaraan kan semua orang tahu, Pengusaha Angkutan kita kan
serakah tidak mau rugi satu hari pun untuk tidak beroperasi, untuk itu
mereka tidak mengirim kendaraannya ke Depot LLAJR untuk di Kir., yang
dikirim cukup surat2 kendaraan saja dan seorang kurir.

Akhirnya dengan berkolusi dengan Petugas DisHub ( dulu DLLAJR )
surat2nya diproses se-olah2 sudah di Kir, sementara itu kendaraannya
terus beroperasi. Artinya dengan sejumlah uang, Kendaraannya memiliki
Surat Kir resmi, padahal pada kenyataannya kendaraannya sendiri tidak
pernah di Kir.

Sementara bagi mereka yang memenuhi persyaratan untuk mengirim
kendaraannya ke Depot DisHub, diperlambat dan dipersulit pelaksanaannya,
seolah-olah memaksa agar praktek suap tetap berjalan, di Kir ataupun
tidak di Kir.

Sementara itu,  Standard Keamanan bagi Kendaraan Umum, khususnya Bus
tidak pernah dilaksanakan. Yaitu kewajiban memiliki Pintu
Emergency/Darurat dan Palu di setiap jendela untuk memecahkan kaca
se-waktu2 terrjadinya keadaan darurat, agar setiap jendela dapat dipakai
sebagai pintu keluar.

Surat Sampah Dirjen itu....... membuat saya tidak percaya akan mampu
mencegah, dan kejadian yang sama pasti akan terjadi lagi selama sikap
dari petugas yang bertanggung jawab masih pura2 tidak tahu.