Saya setuju dengan Pak Joni, kelihatannya kalau berkaitan dengan
masalah agama kebanyakan umat islam jadi nggak rasional,dan itu
memperburuk pandangan orang tehadap umat Islam. Menurut saya cara
berpikir yang rasional ini kurang di ajarkan dipelajaran2 agama islam
di sekolah-sekolah, anak-anak sekolah setiap hari dicekoki dengan
dogma2 dan dokrin2 yang jauh dari pemahaman nalar.
Didalam alquran sendiri (seingat saya) kita diwajibkan untuk berpikir
rasional ....dan yang nggak bisa dirasional hanya satu, zat Tuhan,
dan itu kelihatannya terbukti, hukum fisikapun sampai sekarang masih
jauh untuk mampu meniadakan sang Pencipta (Tuhan).

Rifki Muhida