From: Supriyadi
Sent: Friday, December 12, 2008 9:54 AM
To: zamanku@yahoogroups.com
Subject: Re: [zamanku] Untuk ttbnice- Tawangalun tidak bodoh

Hello ttbnice,

Pak Tawangalun itu tidak bodoh. Walau menyiratkan kesederhanaan cara pikir
tetapi pengetahuannya cukup luas. Harus diakui bahwa banyak sanggahannya yang
tak terjawab oleh umat non Islam.

Beliau itu jujur, apa adanya, tidak mengada-ada. Coba bandingkan dengan nyonya
Mus yang sepertinya memukau tapi banyak MUSlihat dan tendensius.

Menurut Anda "kebodohannya" akibat interpretasi literal soal agama. Saya
berpendapat bahwa kehidupan beragama (semua agama) dapat berlangsung terus
hingga sekarang justru karena tetap adanya orang orang yang demikian. Yang
secara tidak langsung memelihara keutuhan agama sebagaimana adanya.

Karena dalam ajaran agama apa saja itu banyak hal yang beyond logic at the time
being  maka kalau digerus terus secara logic menurut kemampuan logika manusia
sekarang pasti lama lama akan habis.

Suatu contoh, keberadaan Tuhan saja sudah beyond logic. Buktinya banyak polemik
terjadi di milis ini tentang hal itu. Maka ajaran semua agama mengenai
keberadaan Tuhan/Yang maha kuasa harus diterima literal. Hal mana menurut kaum
beragama hal itu adalah logic.

Salam,
Supriyadi