Jawaban ini sengaja saya ambil dari tulisan seorang sahabat yang saya anggap
seorang guru berfikir dan bertindak bagi saya. Namun demi melindungi beliau
terpaksa nama saya rahasiakan.Semoga beliau mengijinkan saya menyebarkan
tulisan beliau yang saya yakin adalah buah fikiran cemerlang beliau.

Saya dengan suka-rela dan senang hati akan menjadi penganut Islam,  tanpa harus
Anda ajak2, asalkan pikiran saya yang liberal-radikal diberi  kebebasan dan
mendapatkan jawaban2 rasional dan dapat diterima akal sehat  atas beberapa
"ajaran" keyakinan Islam berikut ini:

1. Allah, Tuhan Yang Tidak Berwujud, dengan 99 sifat-Nya; salah satu  sifat-Nya
tersebut adalah Maha Kuasa. Pertanyaannya, dimana letak  ke-Maha-Kuasa- an
Tuhan versi Islam bila Tuhan-nya tidak bisa Berwujud?  Berarti, salah satu
sifat-Nya, yaitu Maha Kuasa, hilang dong..? Tidak-kah  ini "meremehkan" Tuhan
yang saya puja?

2. Mengapa kalau saya akan jadi pemeluk Islam harus menyebutkan  kalimat
syahadat ke-dua "Muhammad adalah Rasul Allah", sementara nabi2  versi Islam
yang lain tidak (minta) disebut-sebut? Kok ego  kekanak-kanakan, childish?
Tidak-kah ini  "penjajahan ideologis" yang mengekang  pikiran saya yang
liberal-radikal?

3. Karena filsafat dan teologi Islam butir 1 di atas, saat shalat  tidak
memakai bantuan visualisasi apa pun seperti pratima. Tapi mengapa  harus
menghadap kiblat ke ka'bah? Memang ada apa di balik/dalam "batu  hitam" yang
ada hajatul aswad-nya tersebut, bolehkah saya  melihatnya? Tidak-kah ini
"penjajahan ritual" untuk saya berkomunikasi pada Tuhan?

4. Mengapa saya harus pergi ke Arab untuk naik haji, sekali pun saya  mampu?
Tidak-kah ini semacam "penjajahan ekonomi" yang berlindung pada jubah agama
yang membuat  pemiskinan pada bumi pertiwi saya?

5. Mengapa kaum wanita harus menutup aurat? Tidak-kah ini  "penjajahan gender"
yang merendahkan  martabat wanita, seolah-olah wanita hanya dilihat sebagai
obyek  libido-sexual semata? Hanya se-rendah itukah penilaian ajaran yang Anda
anut pada wanita, padahal Anda dilahirkan dari seorang wanita yang mulai,
seorang Ibu?

6. Kalau kaum wanita menutup aurat-nya harus memakai pakaian ala Arab  yang
disebut jilbab, tidak-kah ini bentuk "penjajahan budaya" yang berlindung pada
ayat2 dalil agama? Dan  wanita Indonesia penganut Islam sekarang, disadari atau
pun tidak, sedang  ramai2 menjajah budaya diri dan bangsanya sendiri? Di mana
letak harga  diri saya sebagai bangsa Indonesia?

Karena sampai detik ini saya belum mendapat jawaban pencerahan yang  sejalan
dengan akal sehat saya atas pertanyaan2 di atas, jadi... saya  tidak mau jadi
penganut Islam. Bila saya paksakan diri saya, saya khawatir  jadi pribadi yang
neurotis-paranoid.

Dan.., saya dengan senang hati mau membantu teman2 penganut Islam  untuk
menjadi pengikut Sanathana Dharma (Hindu) sehingga mereka tumbuh  jadi pribadi
yang penuh welas asih dan beroleh kedamaian dan kebahagiaan  di dunia dan alam
rohani.