Pak Eka,

Sejak awal, saya berusaha untuk netral. Tidak emosional atau terbawa2 perasaan
yang dapat mengacaukan objectivitas. Ketika ada yang menyerang anda secara
tidak proporsional, saya berusaha meluruskan. Begitu pula dengan statement anda
di milis ini, yang menurut saya juga kurang pas. Saya tidak terlalu banyak
referensi, tidak pula jago berdebat. tetapi hati yang jernih membantu kita
dalam banyak hal. Itu yang saya percaya.

Sebagai pengguna email sejak belasan tahun, saya percaya, sebagaimana halnya
saya, anda juga pasti menyimpan seluruh email2 yang cukup penting. Saya tidak
mau berdebat tentang interpretasi bahasa. Bagi saya jelas, ketika ada A dan B
bercakap2 :
A : Saya tidak masalah kalau anda ingin merobek2 gambar kelinci saya.
B : benarkah anda tidak marah ? saya jadi pengen ngencingin nih ..

Maka yang B maksudkan ingin dikencingi adalah gambar kelinci. Tidak mungkin
gambar yang lain, tidak mungkin object yang lain, karena tidak ada obyek apapun
yang masuk dalam pembicaraan itu selain gambar kelinci.

Tapi kalau anda membantah, ya itu hak anda. Andalah yang paling mengetahui apa
yang anda maksudkan dengan kata2 itu. Saya dan pembaca lain hanya menyimpulkan
dari tulisan2 anda.

Rgrds,
Kt.