mas aryo,
jika berkenan mungkin bisa diskusi lewat japri... monggo...
ratmoko

________________________________
From: mediacare <mediac...@cbn.net.id>
To: mudawij...@yahoogroups.com; zamanku@yahoogroups.com
Sent: Thursday, September 17, 2009 9:31:39 PM
Subject: [zamanku] Re: [Ask] Tesis ttg Mistisisme Jawa dan Kristen

Boleh tahu Mas Aryo ambil studi apa dan kuliah
dimana? Apakah Anda Islam atau Kristen?
Kenapa tertarik menyusun thesis tentang mistisisme
Jawa dan Kristen?

Setahu saya, sekadar menambahkan, semua agama
Samawi (agama langit)/Semitis - baik itu Yahudi, Kristen maupun Islam - menutup
pintu erat-erat unsur mistisisme. Ingat di Eropa pada zaman kegelapan (dark
age)
orang-orang yang bisa meramal, penujum, dukun, tukang tenung, dan lainnya
ditangkapi, dibui, lalu disiksa bahkan dibakar?

Memang ada aliran sempalan dari agama-agama tersebut yang percaya hal-hal
mistis, tapi itu
minoritas dan  entah di Indonesia ada atau tidak.

Ada satu celah yang menurut saya lemah pada thesis
Anda, yaitu:

1. Kenapa Jawa dan Kristen? Kenapa bukan Jawa dan
Islam? Mengingat pemeluk Islam adalah mayoritas di negeri ini? Kalau
penelitiannya di Eropa, baru cocok ambil Kristen.
 2. Kenapa menggunakan istilah
mistisisme? Bagi penganut spiritualisme Jawa atau Kejawen, pasti  akan
tersinggung dengan istilah tersebut. Saya yang ber-KTP Islam juga agak kurang
suka membacanya. Sepertinya - baru dugaan saya saja - di thesis Anda bakal
memojokkan kehadiran aliran spiritual yang non-Samawi, atau ingin memojokkan
Kristen. Menurut mereka yang menganut Kejawen, apa yang mereka yakini
adalah bukan hal yang mistis.  Penganut Kejawen juga tak semuanya
percaya pada hal-hal mistis.

Sekian dulu komentar dari saya.

Salam,

Radityo