Ada diskisi menarik di milis SI. Tue, December 22, Spiritual-Indonesia,
Subject:Ayat-ayat Cabul

Natalia Perwira :

satu hari ini ikutan mbaca semua postingan sesepuh, agak deg-deg an juga
mbacanya.... tapi dari pagi hingga siang ini aku hanya bisa ambil satu makna
semua harus diuji dan ambil yang baik.
Terima kasih buat semua, ini pelajaran pertama saya.
Ada satu pertanyaan yang sekarang menjadi ganjelan.... lebih baik mana
beragama, bertuhan, atau hidup baik.

hikdun :
"lebih baik mana beragama, bertuhan, atau hidup baik."

Yang paling baik Anda lakukan, hidup baik. Nah soal bertuhan, kalau anda rasa
perlu boleh ditambahkan ke hidup baik. Bagi Tuhan, anda bertuhan atau tidak,
Tuhan tidak ambil pusing, dan Tuhan tidak akan menghukum anda jika anda tidak
bertuhan, karena bagi Tuhan anda bertuhan atau tidak, anda tetap ciptaan Tuhan.
Tuhan tidak membuang status anda sebagai citaan Tuhan, manakala anda mengatakan
tidak bertuhan.

Soal agama anda harus hati-hati, ini bisa bermasalah. Anda harus pilih agama
yang susuai dengan apa yang anda sudah lakukan yaitu hidup baik. Nah kalau ada
yang menawarkan agama, lalu anda disuruh teriak-teriak di pagi buta, sebaiknya
Anda bilang silahkan pergi, jangan ganggu saya, karena ajakan itu tidak sesuai
dengan apa yang anda jalani, yaitu hidup baik, saling menghormati sesama
manusia. Di samping itu anda perhatikan siapa yang jadi panutan, kalau yang
dijadikan panutan orang yang pernah merampok, main perempuan, mimpin perang,
sebaiknya anda tidak usah bersinggungan dengan agama seperti itu, karena tidak
sesuai dengan pilihan anda, yaitu hidup baik.
Mudah-mudahan bermanfaat
Salam

Hendri Simatupang :
Tulisan, anda sangat jernih dan jujur