Pak Jimmy,

PTKP yang Bapak sebutkan di bawah itu berlaku sejak 1-1-2009.

Untuk tahun 2008 yang Bapak maksud, masih menggunakan PTKP sbb:

Permenkeu No. 137/PMK.03/2005 TMT 1 Januari 2006
TK    Rp. 13.200.000,-
K      Rp. 14.400.000,-
K1    Rp. 15.600.000,-
K2    Rp. 16.800.000,-
K3    Rp. 18.000.000,-
dan saya lupa, tambahan untuk istri bekerja Rp. 13.200.000,-
Yang DTP tadi, sebenernya aturannya belum dihapus, tapi udah ngga mungkin
lagi karena PTKP udah di atas itu. Alasan begininya inget tapi sebenernya
kalo Bapak nanya saya berapa angkanya, saya lupa dan ngga bisa jawab :)

Kepenkeu No.564/KMK.03/2004 TMT 1 Januari 2005
TK    Rp. 12.000.000,-
K      Rp. 13.200.000,-
K1    Rp. 14.400.000,-
K2    Rp. 15.600.000,-
K3    Rp. 16.800.000,-
tambahan untuk istri bekerja Rp. 12.000.000,-
Pada tahun ini, ada komponen Penghasilan Ditanggung Pemerintah kalau
penghasilannya kurang dari nilai tertentu (saya lupa berapa)

Nah, kalo untuk tahun 2004 kalo gak salah nih Pak (saya pas ngga ada file
database peraturan pajak nih.. udah lupa, udah lama banget) masih pake yang
di UU 17 Th 2000 (yang sekarang diganti sama UU No 36 Th 2008 itu..)
TK    Rp. 2.880.000,-
K      Rp. 4.320.000,-
K1    Rp. 5.760.000,-
K2    Rp. 7.200.000,-
K3    Rp. 8.640.000,-
tambahan untuk istri bekerja Rp. 2.880.000,-

Mudah-mudahan membantu. Dan pls CMIIW

*BR, ari.ams*Slide 5*
*