--- Pada Rab, 17/2/10, harri3...@yahoo.com <harri3...@yahoo.com> menulis:

Dari: harri3...@yahoo.com <harri3...@yahoo.com>
Judul: Re: [Keuangan] Black list
Kepada: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 17 Februari, 2010, 10:37 AM

Setau saya siy SID tdk bisa diperoleh secara umum. Karena sifatnya sangat
confidential.
Lagian tiap bank saat men inquiry data SID wajib lapor ke BI kok :).
Masalah oknum bank yg meminta duid itu mungkin cm alasan ajah utk proses
kelancaran kredit dan tdk ada sangkut pautnya dengan record di SID. Kecuali,
nasabah tsb memang punya masalah dengan kreditnya di bank sebelumnya. Dan bank
tidak bs langung mengubah begitu saja kolektibilitas nasabah tsb, krn banyak
aturan yg hrs di patuhi.
"success is not created overnight, but patience and hardwork of financial
literacy as well, that's the key to financial freedom and live happily"