Hal ini pernah saya alami dengan anakku sendiri.
     Kalo dirumah lincah, aktif & banyak ngoceh (walaupun belum bisa
     bicara) tapi aktif mengeluarkan teriakan2.
     Tapi lucunya kalo dibawa keluar rumah entah itu kerumah nenek nya,
     jalan2 ke Mall atau kerumah temen dia berubah jadi diem & menjadi anak
     yg pasif, yg lebih parahnya jadi takut sama orang lain & maunya di
     gendong terus spt ketakutan.

     Tapi...hal itu sedikit2 bisa berkurang yaitu dg cara sering2 main/
     bertemu dg anak2 seumurnya ataupun orang dewasa sekalipun.
     Kebetulan di lingkungan perumahan saya itu ada semacam arena bermain
     anak2, yg mana kalo setiap pagi/sore dia suka main disitu.
     Jadi lama kelamaan dia biasa melihat orang banyak & engga takut lagi
     sama lingkungan sekitarnya.
     Hal ini cukup berdampak dg perkembangan mental nya juga, dulu memang
     dia engga terlalu sering main keluar rumah, tapi saya pikir
     krn umurnya udah mulai besar jadi engga apa2 deh..bersosialisasi sejak
     dini.
     Alhamdulillah sekarang kalo di bawa kemana saja dia engga merasa
     takut ataupun jadi pendiam spt dulu, ya...normal2 aja spt dia dirumah
     nya sendiri, tidak merasa terlalu asing dengan lingkungan yg baru dia
     kenal sekalipun

     sekian pengalaman saya mudah2an bisa sedikit membantu ya...

     Bundanya Salmadita.