Hallo mbak Imelda,

Kalau menurut saya, seorang anak-anak butuh waktu untuk merasa "aman" atau
"secure" pada lingkungan yang baru atau relatif baru. Hal ini juga terjadi
apabila seorang anak bertemu dengan orang baru..... si anak tersebut
membutuhkan waktu untuk merasa "secure atau aman" untuk memulai suatu
hubungan sosialisasi dengan orang tersebut. Waktu untuk merasa "secure"
bervariasi untuk setiap anak,  tergantung dari latar belakang si anak.

Saya melihat anak ibu itu normal-normal saja ibu, hanya mungkin harus mulai
lebih banyak dilatih dan diperkenalkan ke macam-macam lingkungan sosial
(arisan, pasar, supermarket, acara keluarga, dlsb), sehingga waktu untuk
merasa "secure" anak tersebut dalam membuat hubungan sosial dengan orang
lain menjadi lebih "singkat".

Maaf, pendapat saya hanya berdasarkan pengalaman pribadi, sehingga saya
tidak punya rujukan ilmiah untuk hal tersebut.

Salam,

Papanya Jojo dan Kevin