Waktu Jonathan masih keciiill (dibawah satu tahun) dia memang kelihatan jadi penakut
kalau dibawa keluar rumah...ke rumah sakit, ke mall, ke rumah kerabat, dll. Maunya
nempel terus, digendong terus, bahkan ditaruh di kereta dorong juga engga mau. Memang
saya akui, saya sangat jarang mengajaknya keluar rumah .... karena memang saya kurang
suka membawa baby jalan-jalan...apalagi saat itu kan Jakarta masih rawan ya...sehabis
kerusuhan itu loh ! Jadi, amannya saya simpen aja John di rumah.

Setelah lewat ultahnya yang pertama, setiap minggu John punya jadwal tetap Sekolah
Minggu setiap hari minggu.... yang acaranya nyanyi-nyanyi, berkumpul sama teman-teman
seusianya (1-3 tahun). Hasilnya....setelah 2-3 kali sekolah minggu, John lebin pede
kalau berada di lingkungan yang asing.

Sekarang John (21 bulan) engga penakut lagi kalau dibawa kemana-mana...walaupun tetap
tidak mau jauh-jauh dari kami. Tapi, John mau kok kalau disuruh salaman, bilang hallo
atau hi.., kalau ditanya juga mau menjawab kok. Dia juga mau lari-lari atau memegang
mainan atau sesuatu yang menarik bagi dia, walaupun sebentar-sebentar dia kan menengok
nyari ortunya. Kalau dia rasa udah terlalu jauh...dia akan lari mendekat sendiri.

Saya pikir sih wajar aja kalau anak agak takut sama lingkungan yang asing. Malah
enak...kan kita lebih gampang ngawasin nya, daripada anaknya jadi 'liar' dan gampang
ngilang. Berabe juga kan ??

Oh ya, ada tips yang pernah saya baca. Katanya, di dalam lingkungan yang baru/asing,
kitanya jangan kebanyakan melarang atau bilang jangan, anaknya jadi bingung dan takut,
akhirnya jadi nempel dan diem terus aja. Misalnya...eh, jangan dipegang, jangan
kesitu, jangan lari, jangan.... Nah, anaknya kan pikir mendingan diem aja deh....lebih
aman.

Salam manis,

mama john