dear mbak inka,

> saya ikut prihatin atas masalah mbak. saya juga sekarang sedang hamil
memasuki bulan ke-5, keadaan saya & bayi secara umum sehat. sebelumnya saya
juga mempunyai bayi sekarang usia 1,5 tahun. dulu saya melahirkan juga dng
caecar, karena ketuban sudah pecah & dalam 9 jam "cuma" pembukaan 3.

kalo mbak nggak ada masalah, saya juga mau di-sharing pengalaman pahitnya
saat kehamilan pertama dulu. siapa tahu dng cerita mbak saya bisa membantu
orang lain...

jumlah maksimal diperbolehkannya melahirkan melalui operasi sectio caesar.
> menjawab pertanyaan mbak, setahu saya dari DSOG atau dari buku & majalah
yg saya baca, jumlah max. melahirkan dng cara caecar sebaiknya cuma 3 kali
saja. hal ini dikarenakan akan menipisnya dinding rahim ibu & daya
elastisitas rahim yg akan berkurang sehubungan dng banyaknya kehamilan. tapi
menurut saya hal ini sifatnya subjektif, karena saya juga mempunyai teman yg
melahirkan caecar lebih dari 3 putra / i & keadaan baik-baik saja. mungkin
hanya selang kehamilan (min 2 tahun) yang harus dituruti, spy keadaan ibu
sudah pulih total. saya sendiri hanya selang 13 bulan sudah hamil anak
kedua, jadi saya harapkan menjelang 2 tahunnya nanti, si kakak akan
mempunyai adik lagi :) gitu aja sharing saya, nikmati saja masa-masa
kehamilan mbak ini...

regards,
erny