Dian Siefera wrote:

> Kok sama ya dengan saya. Malahan Dhea masih 4 bulan waktu enggak mau
> lagi
> 'netek', karena sedikit pilek.
> Yang saya heran, kok payudara nggak bengkak seperti waktu masih lancar
> menyusui. Ada pendapat/masukan/saran dari teman-teman kok bisa begitu,

Mbak Dian,
kalo air susunya nggak banyak dikeluarkan, ya produksinya juga tidak gencar.
Itu sebab tidak bengkak. Mungkin hari2 pertama disapih masih sedikit kenceng
kalo supply susunya masih ada, tapi tidak sebengkak kalo kita lancar
menyusui. Sementara kalau anak lancar menyusu, kelenjar susu lebih aktif
lagi produksinya, kalo ASI nggak dikeluarkan bengkaknya banget-banget...
Jadi salah satu jalan utk. mempertahankan prduksi ASI, ya...terus menyusui.
Disamping itu, sehabis menyusui sisa susu di payudara kalo bisa dibuang -
dipompa - keluar (payudara dibuat kosong - kalo masih belum dikosongin sama
si kecil...he-he..), supaya otak 'memerintahkan' kelenjar susu utk.
memproduksi susu dgn. kapasitas penuh, karena 'stok di gudang habis
total'... Gitu kira-kira.
Anak pilek, kalo hidungnya mampet, memang tidak akan mau menyusu, abis,
bernafasnya kan jadi susah. Dan kalo kualitas air susunya juga tidak dijaga,
lama2 rasanya juga tidak enak lagi - lebih cair.
Anak saya waktu 11 bulan juga ogah nyusu, waktu itu bertepatan dengan
tumbuhnya gigi atasnya. Tiap kali mau menyusu jadi marah-marah, -sakit
'kali.... Atau dia pikir saya yang buat dia sakit kalo menyusu...?
Eh...besok2nya juga nggak mau lagi. Dan payudara saya juga nggak bengkak,
karena memang sejak masuk kerja lagi, produksi ASI perlahan2 menurun. Bahkan
tinggal sebelah saja, karena anak saya lebih suka yg. kiri, yg. kanan stop
sendiri...:-)
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^