Waktu saya hamil, saya tidak tahu kalau Hb saya rendah, dan dokter saya
juga ngga bilang dan tidak menyarankan untuk cek Hb.
Tahunya waktu selesai melahirkan (+/- 9 jam kemudian) saya coba berjalan
ke kamar kecil dan saya pingsan di sana (untungnya saya minta diantar
ibu, suami dan kakak saya). Dari situ baru diketahui Hb saya 7,2.
Yang saya sesalkan kemudian adalah tindakan dokter saya yang hanya
memberikan obat (lupa namanya.....) yang juga saya minum sewaktu hamil.
Untungnya kemudian dokter saya keluar kota dan diberi dokter pengganti,
dan justru dari dokter pengganti ini yang mengatakan bahwa kemampuan
obat yang saya minum itu hanya menaikkan 0,5 dalam 1 bulan, sehingga
harus  transfusi.

Mengenai efek perkembangan bayi, anak saya beberapa hari lagi berumur 4
bulan, sehat, lincah, gesit, mulai ngoceh dari umur 40 hari, minta duduk
dari umur 2,5 bulan (ditopang)..........pokoknya oke-oke saja.
Efeknya justru pada saya yang waktu itu harus berbaring  5 hari di RS,
tapi setelah tranfusi sore hari, siang hari kemudian saya sudah boleh
pulang karena sudah bisa jalan sendiri.

Itu saja pengalaman saya, kalau efek sewaktu janin masih di perut saya
ngga tahu, karena waktu itu saya tidak tahu kalau Hb saya rendah. Yang
saya rasakan waktu hamil, sama seperti mbak mual tapi ngga muntah, dan
nafsu makan kurang, kaki rasanya lemes banget, ngga kuat bediri lama2.

Gitu aja sharingnya,

Mamanya putri