Mbak,
sewaktu saya hamil, diberi obat Nonemy utk penambah darah sejak hamil hingga
melahirkan dosisinya 1 x 1, selain itu juga disuruh banyak minum susu
(prenagen 3x sehari) uhk.., mual ngga mual tetap saya paksakan demi
sikecil...., banyak makan sayur dan buah..., kebetulan tensi saya juga
rendah..., semoga lancar hingga persalinan ya ....

ini ada artikel, moga bermanfaat ....
Makan Sehat Saat Hamil

Satumed-Saat hamil, mungkin anda tergoda untuk menuruti keinginan anda makan
acara dan es krim - hal itu tidak apa-apa, bila dilakukan terkadang saja.
Namun ingat, segala sesuatu yang anda makan saat hamil mempengaruhi bayi
anda.

Selama kehamilan, anda adalah satu-satunya sumber makanan bayi anda. Setiap
nutrisi yang dibutuhkan bayi harus anda konsumsi. Hanya anda yang dapat
memastikan bahwa bayi anda menerima makanan berkualitas terbaik. Dan anda
perlu tahu makanan-makanan mana saja yang akan memberikan nutrisi bagus
untuk bayi anda.

Kalori
Pemasukan energi yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin
serta untuk kemampuan ibu menghadapi stres seperti infeksi, atau saat-saat
pendarahan. Energi tambahan saat masa hamil diperlukan untuk produksi
jaringan janin dan ibu baru, metabolisme tambahan yang dibutuhkan jaringan
baru, dan energi yang tinggi dibutuhkan untuk menggerakkan beban tubuh
tambahan saat melakukan kegiatan fisik. Karena beban tubuh wanita meningkat
sekitar 20 persen saat hamil, kerja yang melibatkan banyak gerakan akan
membutuhkan energi 20 persen lebih banyak. Karena hal ini, total jumlah
kalori saat hamil adalah 80,000 kalori - 300 kalori per hari. Penyesuaian
kebutuhan energi lebih lanjut harus didasarkan pada aktifitas fisik. Karena
pengeluaran energi sangat berbeda-beda, indeks pemasukan yang tepat adalah
penambahan berat badan yang cukup.

Penambahan kalori per hari yang relatif kecil ini penting untuk kehamilan
yang sehat. Kalori-kalori tambahan yang dibutuhkan per harinya kurang-lebih
sama dengan satu gelas es krim atau roti lapis isi. Peningkatan kalori dalam
pertengahan pertama kehamilan akan menghasilkan kenaikan jumlah lemak ibu.
Lemak yang disimpan menunjukkan energi penting tersimpan yang dapat
mendukung kebutuhan energi tambahan pada masa ketiga kehamilan untuk janin
yang tumbuh secara cepat. Kalori dalam pertengahan kedua kehamilan akan
mendukung kebutuhan anda akan metabolisme, aktifitas fisik, dan juga
pertumbuhan janin yang cepat.

Protein
Protein adalah salah satu nutrisi paling penting bagi wanita hamil karena
memberikan elemen pertumbuhan untuk jaringan-jaringan tubuh - termasuk bayi
yang sedang tubuh, plasenta, volume darah ibu yang meningkat, dan cairan
amniotik. Selama masa kehamilan, dua atau tiga porsi sehari disarankan.
Daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, dan tahu adalah sumber-sumber
protein yang sangat baik.

Jaringan-jaringan kompleks baru dihasilkan pada saat hamil dalam angka yang
jauh lebih besar daripada masa lain dalam hidup seorang wanita. Protein
penting untuk tujuan ini, namun saat masa kehamilan kebutuhan protein tidak
dapat dipisahkan dari kebutuhan akan kalori dan nutrisi-nutrisi lainnya.
Pada saat energi perlu menjadi prioritas pertama dalam metabolisme saat
hamil, protein akan digunakan sebagai energi bila karbohidrat dan lemak
tidak ada dalam jumlah cukup. Disarankan bahwa wanita hamil mengkonsumsi 60
gr protein per hari. Angka ini kira-kira 10 gr lebih banyak daripada wanita
tidak hamil; sama dengan 1,5 ons daging atau 1,25 cangkir susu.

Karbohidrat
Karbohidrat harus memberikan bagian terbesar dari konsumsi kalori anda
sehari-hari. gula-gula ini memberikan sumber energi utama tubuh. Ada dua
jenis gula: gula simpleks dan karbohidrat kompleks.

Gula-gula simpleks seperti glukosa siap untuk langsung digunakan tubuh dan
menyediakan "energi instan". Contohnya meliputi gula meja, madu, sirup, jus
buah, dan permen keras (yang dapat membantu mual-mual).

Karbohidrat kompleks terdapat dalam biji-bijian, kentang, kacang-kacangan.
Tubuh harus menguraikan mereka menjadi karbohidrat simpleks sebelum
menggunakannya, sehingga mereka memberikan persediaan energi tetap dalam
jangka waktu lama. Makanan kaya tepung juga memberikan serat, yang
mempercepat pencernaan.

Kalsium
Kalsium, yang memberi makan tulang dan gigi anda, ditemukan dalam susu dan
hasil susu, meskipun brokoli dan ikan kaleng merupakan sumber yang baik.
Kebutuhan kalsium 1200 mg per hari menunjukkan peningkatan 50% diatas angka
yang dibutuhkan pada wanita tidak hamil. Karena kebanyakan wanita hamil
hanya mengkonsumsi 75% dari jumlah yang disarankan, mereka perlu dengan
sengaja meningkatkan jumlah makanan kaya kalsium dalam diet mereka. Keju,
susu, yogurt, es krim adalah sumber-sumber kalsium yang baik. Jika anda
tidak dapat menerima laktosa (gula susu), sayuran hijau berdaun, tahu,
salmon dan sarden kaleng (dengan tulang) adalah makanan kaya kalsium yang
baik. Makanan-makanan yang ditambahi kalsium dapat dimasukkan kedalam diet.
Wanita hamil disarankan untuk banyak memakan kalsium setiap harinya. Banyak
wanita yang tidak memenuhi kebutuhan kalsiumnya melalui diet. Bagi mereka
sumplemen kalsium dimasa kehamilan sangat disarankan.

Besi
Kebutuhan zat besi berlipat dua pada masa kehamilan dari 15 menjadi 30 mg
per hari. Ibu dan janin keduanya membutuhkan zat besi tambahan, karena
peningkatan volume darah ibu dan penyimpanan zat besi janin untuk mendukung
kebutuhan setelah kelahiran. Ikan, unggas, daging, hati, roti gandum,
sereal, sayuran hijau berdaun merupakan sumber-sumber besi dalam diet. Zat
besi dalam daging dan ikan lebih mudah diserap. Saat makanan kaya besi
dikonsumsi dengan makanan kaya vitamin C, penyerapan zat besi meningkat.

Asam Folat
Asam folat telah dianggap sebagai vitamin larut dalam air yang penting yang
mempengaruhi perkembangan sel pada embrio dan janin. Kadar asam folat yang
rendah telah dikaitkan dengan kelainan tabung neural dan hasil-hasil
kehamilan yang buruk. Riset menyarankan bahwa suplemen asam folat dalam
minggu-minggu sebelum dan setelah konsepsi dapat membantu mencegah kecacatan
tabung neural.

Karena kadar asam folat yang rendah dapat mempengaruhi embrio di awal
kehamilan, wanita yang merencanakan kehamilan harus mencoba mengkonsumsi
makanan kaya akan asam folat. Makanan ini meliputi hati, sayuran hijau
berdaun, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, jeruk, roti dan sereal.
Konsumsi berbagai macam makanan dari seluruh kelompok makanan besar dapat,
bagi kebanyakan wanita, menemui kebutuhan nutrisi mereka selama kehamilan.

Vitamin
Vitamin penting bagi kesehatan keseluruhan ibu dan anak. Sayur-sayuran dan
buah-buahan merupakan sumber banyak vitamin. Beberapa dari mereka kaya akan
vitamin C dan yang lain memiliki vitamin A, B, E, mineral, dan asam folat.
Walaupun beberapa vitamin B berasal dari sayuran dan buah-buahan, kebanyakan
dari konsumsi vitamin B kita biasanya berasal dari daging, ikan, hasil susu,
kacang-kacangan dan biji-bijian. Dengan makan secara teratur saat hamil,
anda akan mendapatkan seluruh vitamin dan nutrisi (kecuali zat besi, asam
folat dan kalsium) yang anda butuhkan. Namun, jika dokter anda mengatakan
bahwa diet anda tidak memberikan seluruh nutrisi yang dibutuhkan anda dan
janin anda, dia mungkin akan meresepkan vitamin dan suplemen mineral
kehamilan.

Cairan dan Garam
Pada masa kehamilan, volume darah dan cairan darah anda akan mengembang,
sehingga penting untuk menambahkan konsumsi cairan. Pemasukan harian yang
disarankan sebesar 6 hingga 8 gelas dapat ditemui dengan meminum air, jus,
atau susu. Bila anda mengalami pembengkakan ringan pada mata kaki, wajah,
atau jari-jari, membatasi konsumsi cairan tidak akan membantu. Walaupun
garam tidak mungkin disalahgunakan, sebaiknya tidak dibatasi pada saat
hamil. Konsumsi garam secukupnya penting bagi wanita hamil.

Kafein
Kafein saat hamil telah menjadi sumber perdebatan. Beberapa penelitian
mengatakan bahwa minum sejumlah besar kafein (dalam teh, kopi, coklat, atau
soda) dapat menyebabkan masalah-masalah seperti keguguran, kematian janin
dan kelahiran bayi mati, atau dapat menghambat pertumbuhan janin dan
merangsang kecacatan perilaku. Namun penelitian tersebut dilakukan pada 8
hingga 10 cangkir kafein per hari. Jumlah kafein yang lebih kecil - satu
hingga dua cangkir-terlihat aman pada masa kehamilan. Sebaiknya anda
menanyakan hal ini dengan dokter anda.

Merokok
Jumlah wanita hamil yang merokok telah menurun tapi tetap menunjukkan
masalah penting selama kehamilan. Pengaruh ibu yang merokok pada kehamilan
menghasilkan kurangnya berat badan bayi saat lahir. Hal ini merupakan faktor
terpenting yang dapat dirubah yang bertanggung jawab bagi penghambatan
pertumbuhan janin. Hal ini juga meningkatkan resiko kelahiran prematur. Asap
rokok mengandung kira-kira 2000 senyawa yang berbeda. Penjelasan yang
diterima secara luas adalah bahwa merokok menyebabkan hipoksia intrauterin.

Alkohol
Pertama kali ditemukan pada tahun 1973, sindroma janin alkohol sekarang
dikenal mempengaruhi satu hingga dua bayi per 1000 kelahiran. Walaupun
sindroma ini terbatas pada penyalah guna alkohol kronis, penghambatan
pertumbuhan janin telah terlihat pada kadar konsumsi alkohol yang lebih
ringan. Walaupun bukti pengaruh alkohol terhadap janin masih belum
konsisten, sangat bijaksana untuk membatasi atau menghilangkan konsumsi
alkohol saat hamil.

Mariyuana
Penelitian menunjukkan bahwa percobaan pada binatang menunjukkan bahwa
mariyuana memiliki akibat berbahaya pada janin. Laporan pada manusia masih
belum jelas. Tapi, ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan mariyuana
saat hamil dapat menghalangi pertumbuhan janin.

Pedoman Diet Sehat
Kehamilan sangat menuntut gizi. Jumlah gizi yang cukup perlu untuk mendukung
pembelahan sel dan pertumbuhan jaringan yang cepat. Tidak ada makanan ideal
dalam diet. Diet seharusnya merefleksikan berbagai variasi makanan dan
seleksi yang seimbang yang mengikuti pedoman harian wanita hamil.

Protein  60 gr per hari  Daging, ikan, unggas, susu, telur, hasil susu,
polong-polongan, biji-bijian.
Kalsium  1200 mg per hari  Susu, yogurt, keju, sayuran hijau berdaun, kacang
mete, kerang.
Besi  30 mg per hari  Hati, daging, ikan, unggas, sereal gandum, roti,
polong-polongan, sayuran hijau berdaun, aprikot dan kismis.
Asam folat  400 mcg per hari  Hati, sayuran hijau berdaun, polong-polongan,
gandum, buah-buahan, sayuran.
B6  2.2 mg per hari  Daging, hati, gandum, kacang tanah, kacang kedelai,
jagung.
Seng  15 mg per hari  Seperti besi ditambah kerang, tiram dan hewan laut
bercangkang.