Uraian mas Rinto ini sesuai dengan apa yang saya baca,mengenai route
Zheng He. Beliau singgah di Jawa Timur kemudian melalui selat Malaka,
dimana terletak Palembang, lalu menuju India.

Laut Jawa (pantura) dan selat Malakka memang route para pelayar kala
itu, yang datang dan pergi dari/ke Asia selatan dan Timur Tengah
maupun Eropa.

Route yang lain adalah perairan Philippina kemudian Sulawesi utara
menyusuri perairan Malukku sampai ke Nusa Tenggara. Mungkin ini route
yang sering dilalui dari dan ke Tiongkok menyusuri pantai timur Asia.

Salam

danardono

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Rinto Jiang <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Hendy Lie menulis :
>
> Halo Mang Ucup,
>
> Mang Ucup (atau rekan lainnya) pernah baca gak kalau Laksamana Cheng
> Ho juga pernah singgah di Kalimantan? Saya tidak tahu apakah Cheng
Ho
> [...]
> Kuching (Malaysia - Kalimantan bagian utara) ada jalan yang dinamai
> Laksamana Cheng Ho.
> Apa ini bisa dijadikan "bukti" kalau Cheng Ho pernah singgah di
> Kalimantan?
>
> Salam,
> Hendy
>

> Rinto Jiang :
>
> Catatan mengenai Laksamana Cheng Ho pernah singgah di Kalimantan
belum
> pernah saya baca. Memang ada beberapa tempat yang dinamai
berhubungan
> dengan Cheng Ho adalah benar2 pernah disinggahi oleh armada
Laksamana
> Cheng Ho di antaranya kota Zamboanga di Filipina Selatan dan kota
> Semarang di Jawa. Zamboanga disebut San-bao-yan atau Sam-po-gan
dalam
> dialek Hokkian. Kemudian Semarang bernama San-bao-long atau Sam-po-
long
> dalam dialek Hokkian.
>
> Zamboanga dapat saya pastikan berasal dari kata Hokkian, Sampogan.
Nah
> [...]
saya
> yang telah beberapa kali mengadakan konferensi internasional
membahas
> tentang Cheng Ho tentang peta laut ekspedisi Cheng Ho, disebutkan
bahwa
> di dalam peta-peta yang digambar dengan tangan tadi tertera 500
nama
> tempat di benua Asia dan Afrika. Saya kurang tahu apakah angka 500
ini
> merupakan jumlah tempat yang pernah disinggahi Cheng Ho atau bukan?
>
> Di Nusantara, selain Semarang, Cheng Ho juga pernah singgah di
Palembang
> dan Aceh. Di Aceh, Cheng Ho ada menghadiahkan satu buah lonceng
kepada
> Raja Aceh, raja yang mana saya kurang tahu karena buta sejarah
Aceh.
> Dikatakan bahwa lonceng tadi masih ada tersimpan di museum di Aceh.
> Sebelum ke Aceh, Cheng Ho mengunjungi Palembang dan Malaka.
Kunjungan ke
> Palembang ini sebenarnya adalah titah dari Kaisar Ming Tai-zu yang
heran
> mengapa Sriwijaya sepertinya hilang ditelan bumi dan tidak pernah
> mengirimkan upeti lagi. Dalam laporannya Cheng Ho menuliskan bahwa
> Sriwijaya telah sangat lemah.
>
> Sedikit penjelasan dari saya. Thanks.
>

> Rinto Jiang

'Thanks & Giving.'