hio pada jaman dinasti Zhou dan Shang itu BUKANLAH berbentuk bubuk tapi
merupakan bongkahan kayu. Disebut YIN bukan Xiang pada jaman dahulu itu.

Sejak jaman pra Khong Hucu sudah digunakan bongkahan kayu yg dibakar utk
upacara dan sebagainya.

Tradisi menggunakan dupa pada saat belajar bukan hanya utk konsentrasi saja
tapi juga memiliki makna bahwa kitab adalah pengetahuan yg harus dihormati.
Jadi menghormati buku merupakan salah satu cara utk menghargai pengetahuan.

PEPATAH KUNO :
ORANG MISKIN BISA KAYA KARENA BELAJAR , ORANG KAYA BISA MENJADI BIJAKSANA
KARENA BELAJAR.

Buku merupakan sarana pembelajaran khayalak banyak.
Karena itu buku2 itu tidak boleh dilangkahi ketika ada dilantai, tidak
sembarangan membuang sobekan atau buku2 yg tidak terpakai dsbnya.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "yu2n_23" <yu2n...@...> wrote:

> Hio
> Produk Budaya yang Religius
>
> Bogor | Jurnal Bogor
>
> Ketika melintasi atau memasuki sebuah klenteng ataupun Bio, wewangian khas
> yang berasal dari dupa atau hio menyeruak keluar menyapa setiap hidung
> pengunjung yang datang untuk sembahyang maupun hanya sekedar lewat didepan
> Bio.
> Hio yang bermanfaat sebagai alat sembahyang, ternyata juga memiliki manfaat
> lain. Selain juga sebagai pengukur waktu, di beberapa salon atau tempat
> [...]

Kirim email ke