Repotnya setiap sistem pendidikan di indonesia dilaksanakan bukan karena
berdasarkan hasil penelitian di lapangan tapi dari konsep di awang-awang.
Tidak terbayangkan bahwa di negara kita tiap ganti menteri pendidikan ganti
kurikulum. Padahal kurikulum yang baru diberlakukan 5 tahun yang lalu belum
bisa dievaluasi sampai di mana tingkat keberhasilan dan kegagalannya.
Sehingga bocah-bocah indonesia ini cuma jadi obyek eksperimen dan orang
tuanya sebagai korban korupsi depdikbud.

Tadi pagi saya baru baca koran yang mengatakan bahwa di solo sekarang sudah
mulai ada beberapa sd yang membuka kelas akselerasi. Anak-anak yang
dikategorikan jenius akan dimasukkan ke kelas itu sehingga anak tsb dapat
menyelesaikan sd hanya dalam waktu 4 atau 5 tahun. Ada orang tua yagn
diwawancarai dan mengatakan bahwa ia sangat bangga karena anaknya bisa masuk
kelas aksel tsb "siapa yg nggak bangga kalau anak saya bisa menyelesaikan sd
lebih cepat ketimbang anak-anak yang lain". Tapi tidak sedkit juga orang tua
yang tidak berhasrat memasukkan anak-anaknya ke kelas semacam itu.

Saya tidak bisa membayangkan kalau secara normal saja anak-anak sudah kayak
dicemplungkan ke dalam neraka karena beban pelajaran yagn nggak kira-kira
(di sekolah favorit pada umumnya anak-anak sd sudah mendapat pr 3 - 4 mata
pelajaran setiap hari plus satu atau dua ulangan harian). Lalu akan seberapa
besar beban yang dipikulkan kpd anak-anak yang 'dipaksa' oleh ortunya masuk
ke kelas akselerasi tsb? Saya sungguh sangat heran apa bangganya kalau
anaknya dalam usia 10 tahun sudah masuk smp dan 16 atau 15 tahun lulus sma?

Saya jadi teringat tulisan gunawan muhammad yg mengkomentari kasus wacko
jacko yang dikatakannya bahwa sumber malapetaka dalam kehidupan si jacko
adalah karena sejak kecil ia sudah dijadikan selebriti. Ia kehilangan masa
kanak-kanaknya, sehingga sekalipun ia sudah berusia 46 tahun, jacko tidak
pernah beranjak dewasa. Ia tetap mau menjadi anak-anak karena ia tidak
pernah merasakan masa kanak-kanak.

Apakah sistem pendidikan model kelas akselerasi itu tidak akan melahirkan
generasi wacko jacko di negara kita. Bila hal ini sudah terjadi penyesalan
orang tua yang sebesar apapun sudah terlambat dan useless.

Mungki