Coba saja konsumsi MultiVitamin dan 9 essensial amino acid
  Saya yakin bisa mempercepat penyembuhan.

  Salam

"[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          To dokter,
--- Maria Vincentia <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Dh,
> Yang penting, bukan dahaknya.
> Mesti dicari dan dipikirkan, apa yg jadi
> penyebabnya, sehingga ada dahak.

Mulanya saya pikir penyebabnya makanan atau minuman
dingin, tapi udah ampir 3-4 minggu atau 1 bulanan ga
minum atau makanan yg dingin kok dahak ngga abis2
juga.

> Apakah infeksi, alergi atau apa.
> Karena normalnya, orang tdk ada dahak.
> Banyak detail yang harus diperhatikan, misalnya:

> -sejak berapa lama mulai ada dahak
Dahak keluar sejak ya 3 mingguan yg lalu lebih kurang

> -warna apa, ada darah ga, banyak ga
warnanya rata2 putih bening, pernah keluar yg hijau(kl
yg ini keluar, rasanya lega banget..., kalo merah ngga
ya.

> -keadaan2 apa yg bikin dahak tambah banyak
jika makan makanan yg mengandung minyak atau pedas,
biasa diawali tenggorokan gatal

> -keadaan2 apa yg bikin dahak berkurang
Yang bikin berkurang jika mengurangi makanan spt
diatas(berminyak), dahak sudah dikeluarkan terasa
dahak berkurang. Kalo minum obat batuk hitam malamnya,
maka pagi hari dahak terasa ngumpul dan mudah
dikeluarkan. Apakah memang kalo pagi hari bangun
tidur, dahak mudah dikeluarkan ?

> -disertai batuk? nyeri dada? sesak? panas badan?
Batuk menyertai sebelum dahak keluar, krn tenggorokan
terasa gatal, maka diteruskan dengan usaha pengeluaran
dahak.
Nyeri dada : tidak
Sesak : tidak
Panas Badan : tidak

> -badan tambah kurus ga? keringat malem?
Berat badan ngga ada perubahan kok, nafsu makan jg
normal
Keringat malem : ga ada

> -dan masih banyak lagi
>
> Terus biasanya dilakukan pemeriksaan penunjang,
> misalnya foto rontgen thorax, pemeriksaan dahak gram
> dan BTA, pemeriksaan darah untuk melihat ada
> peningkatan sel darah putih yg menandakan ada
> infeksi,
> juga ada alergi atau tidak. Bila dicurigai ke arah
> tbc, juga bisa diperiksa laju endap darah, dan ppd 5
> tu. Bila ke arah infeksi selain tb, bisa juga
> diperiksa kultur dan resistensi dari darah dan
> dahak.
Perlu diadakan pemeriksaan lbh lanjutkan pada saya,
apakah ada gejala2 yg membahayakan ?

> dan banyak lagi...
>
> Jadi disini masalah utama, bukan dahaknya.
> Tetapi, apa penyebab dahak muncul.
penyebab dahaknya kira2 apa ya Dok, dr penjelasan saya
diatas ?

> demikian, semoga dapat membantu walau sedikit.
Terimakasih banyak :)

> NB. bolak balik minum obat batuk apapun, tidak akan
> menyelesaikan masalah. karena itu cuma obat
> simptomatik untuk meringankan gejala, tapi bukan
> untuk
> mengatasi etiologinya.
Ya, betul. saya kalo malam minum OBH aja...tapi ya
makin hari makin cukup membaik cuman agak lambat

> salam,
> MV

> Never miss a thing. Make Yahoo your home page.
> http://www.yahoo.com/r/hs

< Graphite[Treo]680 lovers >
keep mobile everywhere !

Be a better friend, newshound, and
know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.