Ada yang pernah mengamati berapa banyak buku ajar (textbook) geologi yang
ditulis dalam bahasa Indonesia dan dijual untuk umum ? Menyedihkan...amat
sangat sedikit dibanding jumlah sarjana geologi di Indonesia. Coba tilik buku2
geologi di LN untuk level umum (pengantar) yang bisa ditemukan di toko2 buku
untuk umum : hampir tiap tahun keluar buku baru.

Sejauh yang saya tahu, buku pengantar geologi pertama yang ditulis dalam bahasa
Indonesia adalah hasil tulisan Katili dan Marks berjudul "Geologi" yang
diterbitkan oleh Departemen Urusan Research Nasional Jakarta tahun 1963 yang
dicetak PT Kilat Madju di Bandung. Buku bersampul biru tua ini sangat tebal,
855 halaman. Beruntung sekitar 15 tahun yang lalu saya memperolehnya di sebuah
kios buku bekas di Pasar Cihapit Bandung. Buku itu tak pernah dicetak ulang dan
Pak Katili pun tidak berniat merevisinya sekarang (memang old-style
pembahasannya, tetapi masih bisa digunakan tentu).

Lalu di tahun 1990an saya pernah melihat di sebuah toko buku, buku "Geologi
Umum", buku terjemahan dari buku tua "General Geology" terbitan Rusia tahun
1950an tulisan O. Lange, Ivanova, Lebedeva. Saya heran, kok buku tua yang
dipilih diterjemahkan, bukannya buku2 yang lebih baru (kan banyak...).

Dan di bursa buku bekas & baru Kwitang 5 tahun yang lalu, saya mendapatkan buku
ajar geologi tulisan seorang dosen pertanian Unibraw Malang, Pak Moh. Munir,
berjudul "Geologi dan Mineralogi Tanah" terbitan Pustaka Jaya, 1996. Buku ini
lebih ke nuansa pertanian untuk keperluan ilmu tanah.

Dan, minggu kemarin, bersamaan dengan PIT IAGI di Bandung, saya mendapatkan
sebuah buku menarik yang baru saja terbit (September, 2004 oleh PT Pustaka
Setia Bandung), sebuah buku ajar geologi (untuk umum), berjudul "Pengantar Ilmu
Kebumian : Pengetahuan Geologi untuk Pemula"  tulisan Agung Mulyo, seorang
dosen geologi Unpad. Nah.... ini dia, buku yang baru ada lagi setelah buku
Katili dan Marks (1963). Dan, buku Pak Agung ini menurut saya sangat bisa
memperkenalkan geologi untuk umum. Buku Pak Katili dan Marks terlalu tebal
untuk umum (memang buku itu ditujukan untuk mahasiswa geologi).

Semoga makin banyak buku geologi untuk umum ditulis para sarjana geologi kita.
Pak Zaim, bagaimana dengan tantangan saya waktu di Bandung kemarin ? Ayo Pak
segera dimulai ...

Salam,
awang