Ikut komentar juga ya,,,,,,,

Sebagai mantan fresh graduate baru tahun lalu,,,
saya juga merasa kesempatan nyari kerja memang banyak ditujukkan kepada
geologist yang berpenglaman,,,, jadi sangat susah untuk yang fresh graduate di
panggil interview...
(berdasarkan pengalaman pribadi: sekitar 50 surat lamaran masuk ke oil
cumpeni,,,, hanya 2 yang ada panggilan)

tapi memang tidak menutup kans untuk para fresh graduate,,,
sebagai contoh KPS asli indonesia,,, baru2 ini merekrut 6 fresh graduate untuk
menjadi pegawai kontrak sebagai wellsite geologist (salah satunya saya),,,, dan
mereka punya visi memberi kesempatan kepada fresh graduate itu untuk mempunyai
pengalaman kerja,,, mereka di training 2 bulan,,, lalu siap in charge di
lapangan2 development...yang notabennya geologist2 kota sudah sangat familiar
dengan lapangan tersebut... sehingga tidak butuh skill yang terlalu tinggi
seperti requirement2 lowongan pekerjaan,,, cukup mengenal deskripsi batuan,
wire logging, drilling practice yang semua itu sudah di dapat di bangku
kuliah,,,,,

Dan ini merupakan suatu win-win solution baik bagi fresh graduate maupun oil
compeni,,
Oil compeni dapat terus meningkatkan produksi well2 yang sudah tua (apalagi
dengan harga minyak sekarang) dan fresh graduate dapat pengalaman,,,,

Selain itu juga bener apa yang dikatakan mbak yuriza,,,
di perusahaan saya kerja sekarang lebih dari 15 orang fresh graduate G&G yang
di hire menjadi permanent staf...

Mungkin hal ini sama dengan apa yang dilakukan chevron sekarang, dan
perusahaan2 lainnya

Pendapat pribadi: jika perusahaan yang mencari geologist berpengalaman min 8
tahun,,, biasanya diperkerjakan sebagai pegawai kontrak,,, perusahaan tersebut
hanya memikirkan short term goal yang related ke harga minyak dunia sekarang,,,
jadi jika sudah tidak menguntungkan lagi,,, tidak susah2 untuk melepasnya,,,,

Noted: bagi temen2 yang masih menjadi job seeker,,
           terus berusaha guys,,, mudah2an mendapat yang terbaik...

Salam

Farulian

[EMAIL PROTECTED] wrote:

Jadi ikutan komentar nih

Saya tidak setuju dengan pendapat rekan rekan bahwa oil company tidak
merekrut yang fresh....... tempat saya kerja merekrut puluhan (bahkan
ratusan) fresh grad dari tahun 99, sehingga harus selalu perlu penyesuaian
diri sama muka muka baru ..... kalau kita buka sitenya shell mereka juga
rajin cari fresh grad lho ....

Policy kps sebenarnya malah majority merekrut fresh grad lho ...karena
kalau kita lihat common labour agreement yang ada di kps, akan tampak
bahwa seorang pekerja akan diuntungkan kalau dia stay cukup lama di suatu
kps tertentu .... jadi kps lebih suka ambil fresh dikembangkan dan dipetik
hasilnya... gajinya dan benefit tidak terlalu besar memang ... tapi ada
tabel besar setelah umur 45 misalnya ..... ada pembagian stock option dan
stock gratis berkala, ada bonus bonus dan jenjang career/pelatihan yang
transparant untuk pegawai lama pada kedudukan kunci .......dengan cara ini
kps tsb mencoba mejaga orang orangnya yang sudah pengalaman/kedudukab
kunci diatas 10 tahun untuk tidak kabur .... kabur artinya kehilangan
tabel besar, kehilangan stock option dan kehilangan career .....

Namun dengan cara cara diatas ini tetap saja tenaga berpengalaman berlarian
keluar negri .... tiap kali ada salah satu temen lari , saya dan teman
teman yang tinggal cepet cepet menghitung semua untung rugi lari ....
lari nggak ya ..... lari nggak ya (soalnya tawarannya memang berdatangan
sih bahkan ada head hunter membagikan kartu nama segala kekantor lho ....)
...salah satu temen saya yang sudah pengalaman 11 tahun , dapat tawaran di
Qatar Oil bilang aduh istri gue pengin keluar negri lagi nih (doi baru
pulang dari assignment ln tiga tahun lalu), di Qatar gue bisa dapet 8000
US$/bulan, tapi kalau gue keluar berarti gue ninggalin pap (istilah table
besar buat kami) besarnya pada waktunya nanti 250000US$, gue punya option
jatuh tempo tahun 2007 besarnya 500 lembar kalau dihitung sekarang harganya
sekitar 40000 Euro, mana gue barusan dapet stock gratis yang jatuh tempo
tahun 2009, gue sekarang lagi pegang project bagus, dan gue dijanjiin sama
kantor berangkat lagi ke ln tahun 2008 ..... nah mau pergi apa stay ?...
Kalau dibandingkan dengan 8000US$ mestinya pergi aja dong, dalam 5 tahun
kedepan semua pap dan tetek bengek itu impas, tapi bila stay dia masih
punya career/pelatihan, masih punya janji kerja difilial lain di ln yang
gajinya juga gede dan masih ada peluang akan jadi boss besar diujung
careernya ...... makanya dia stay ......

"Batara Sakti
Simanjuntak" To: iagi-net@iagi.or.id, "Sanggam Hutabarat"

d> cc:
Subject: Re: [iagi-net-l] kok susah banget nyari geoscientist???
07/10/2005 03:19
PM
Please respond to
iagi-net

Ups...dua baris kalimat yang dalem urusannya. Obrolan berikut terutama
diseputar dunia industri migas. Mungkin kita sama-sama heran, puluhan tahun

kps beroperasi di RI, tapi kita para ahli kebumian sering sekali tidak
sampai mempunyai keahlian yang spesifik da mumpuni ketika dekat-dekat
pensiun. Umumnya kita mengikuti saja alur pekerjaan diperusahaan tempat
kita
bekerja selama belasan tahun, dan menjadi generalist, kalau tidak menjadi
operation geologist yg mengurus soal logging, kontrak dgn service co.,
perijinan ke BP. Migas, ditambah beberapa pekerjaan teknikal lain. Umumnya,

alur industri tidak berkepentingan betul untuk membentuk karyawannya
menguasai spesialisasi tertentu, yang pokok adalah project (drilling
misalnya) dapat berjalan sesuai tenggat waktu.

Bagaimana agar ahli kebumian memperoleh spesialisasi tertentu, harus dia
sendiri yang sengaja mengarahkan dirinya kesalah satu ufuk kekhususan yang
ada / dikenal. Bagaimana organsasi semcam IAGI dapat menolong ?. Step satu
mungkin mempersiapkan kandidat matriks kompetensi untuk masing-masing
spesialisasi tahap demi tahap. Soal ini pernah diutarakan rekan Bowo dari
COPI. Kalau saja IAGI bisa mendorong terciptanya standarisasi matriks
demikian, maka secara perlahan kita membangun standard bersama.

bat