Menarik juga dialog tentang jurnal ini.

Saya pernah berusaha mempelajari bagaimana agar sebuah jurnal dapat terbit dan
bertahan. Hal itu saya lakukan dengan berkunjung ke Fakultas Biologi
Universitas Atmajaya Yogyakarta. Berikut ini apa yang dapat saya tangkap dari
dialog kami dengan pengelola jurnal di sana yang sejauh ini sukses.

1. Ruang sekretariat hrs ada dengan alamat yang jelas - kita sudah punya.
2. Satu orang di sekretariat yang ditugaskan penuh mengelola naskah yang masuk
dan melakukan komunikasi berkaitan dengan jurnal - Bisa diadakan (atau bisa
kita manfatkan tenaga di sekretariat IAGI sekarang.
3. Biaya penerbitan - saya kira keuangan IAGI sekarang cukup kuat. Bila sudah
berjalan, nanti kita bisa minta kontribusi penulis untuk biaya pencetakan.
Sekarang ini, beberapa jurnal menarik kontribusi dari para penulis yang
naskahnya diterima sekitar Rp 200.000,- sampai Rp. 250.000,- per naskah.
Kontribusi dimintakan setelah naskah siap diterbitkan.
4. Editor / Tim editor - Banyak potensi di IAGI.
5. Reviewer - Banyak potensi di IAGI.
6. Sumber makalah - seluruh anggota IAGI. Melihat makalah yang masuk pada
setiap PIT, rasanya MGI ngak akan kekurangan makalah.

Yang perlu dilakukan adalah:
1. Membentuk organissi pengelola MGI yang mapan dan relatif independen.
Maksudnya, organisasi itu tidak terpengaruh dengan perubahan kepemimpinan di
IAGI. - Organisasi pengurus MGI yang mapan dan stabil sangat menjamin
kelangsungan hidup MGI. Perlu diatur masa aktif yang cukup lama (mungkin 5
tahun), perlu diatur pergantian yang bertahap dan sebagian-sebagian (maksudnya
jangan mengganti pengelola secara total pada setiap pergantian pengurus, karena
hal itu akan menyebabkan tidak ada kesinambungan pola kerja dan irama kerja).
2. Mengupayakan MGI mendapatkan akreditasi, bisa akreditasi dari DIKNAS atau
LIPI, atau yang lainnya bila ada. Dengan akreditasi akan membuat makalah yang
diterbitkan di MGI bernilai tinggi bila diajukan untuk kenaikan pangkat. Perlu
diingat bahwa banyak diantara kita yang membutuhkan penilaian seperti itu.
Untuk akreditasi di LIPI diperlukan terbitan selama dua tahun. Jadi, untuk MGI,
kita sudah dapat mengajukan untuk akreditasi.

Hal lain yang mungkin perlu dilakukan adalah: menjadikan MGI sebagai bagian
dari aktifitas keanggotaan IAGI. Maksudnya MGI dibagikan kepada semua anggota
IAGI yang aktif membayar iuran keanggotaan. Dengan cara ini, anggota IAGI akan
merasakan langsung manfaat menjadi anggota IAGI. Selain itu, cara ini juga
merupakan cara untuk promosi. Bila MGI tersebar ke sebagian besar anggota IAGI
di Indonesia dan luar Indonesia, mungkin akan menarik pihak industri untuk
beriklan melalui MGI.

Hal lain lagi yang perlu diperhitungkan adalah bahwa IAGI adalah organisasi
profesi. Sekarang ini ada kecenderungan untuk memberi nilai yang lebih tinggi
kepada jurnal yang dipublikasi oleh organisasi profesi daripada yang
dipublikasikan oleh suatu institusi. Saya kira ini bisa menjadi keunggulan  MGI
dibandingkan jurnal dari institusi.

Ini sekedar sumbang saran.

Semoga bermanfaat.

Salam,