Mencermati uraian pak Awang :

"Kedaulatan dan hak berdaulat (secara hukum internasional ini dua terminologi
> berbeda) harus ditegakkan dan dibela tidak saja dengan PELURU tetapi juga
> dengan PENGETAHUAN. Maka, sebaiknya kita harus siapkan dua hal itu apabila
> kita kelak berkonfrontasi dengan negara-negara tetangga soal perbatasan.
> PELURU penting untuk menggebrak musuh, PENGETAHUAN penting untuk berjaya
> dalam meja-meja perundingan."

Ada kesan selama ini dalam setiap perundingan membahas batas wilayah dengan
pihak lain, kita (delegasi RI) tidak atau belum dibekali PENGETAHUAN yang
cukup???

Wahhh . . kalau memang demikian adanya, jadi selama ini apa 'modal' delegasi
kita di setiap perundingan-perundingan tersebut . . . pantas saja kita (sering)
kalah . . . .

Saya pikir hal ini telah menjadi sesuatu yang sangat penting dan mendesak untuk
segera dilakukan (saya kutip lagi dari Pak Awang)  :

"> Tentu banyak data geologi, seismik, multibeam, dll. dapat berperan sangat
> signifikan dalam hal ini."

Jika kita punya (saya yakin punya) data-data tersebut maka sudah saatnya kita
bersuara dalam hal ini dengan membawa argumen-argumen yang bisa mendukung
delegasi kita dalam rangka mempertahankan wilayah-wilayah yang kita yakini
merupakan bagian dari NKRI . . . .

TAPI, jika ternyata semua PENGETAHUAN ini sudah digunakan oleh delegasi kita
dan tetap saja kita kalah pada akhirnya . . . .  . atau mereka berkeras untuk
mencari dalih serta pembenaran dari tindakan provokatif seperti yang dilakukan
selama ini .  ya . . . .  "sadhumuk bathuk sanyari bumi" . . . sejengkal tanah
urusannya harga diri, harga diri=harga mati . . .

 kalau saya adalah salah satu dari tim sukses capres dan wapres: saya akan
melihat "sisi terang" dari masalah ini:  . . . kita butuh 'musuh bersama' untuk
menjadi satu dan kuat . . . masalah seperti ini bisa menjadi salah satunya . .
. . he he he he  . . .  tapi masalah korupsi mestinya mempunyai nilai jual yang
lebih . . . .

STJ